Kamis, 2 Mei 2024
Ideacloud 2020

Inovasi Tidak Butuh Sesuatu yang Besar, Cukup Sedikit Berbeda

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
April Wahyu pebisnis yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Jatim di forum bisnis Ideacloud 2020, Jumat (13/3/2020). Foto: Denza suarasurabaya.net

April Wahyu pebisnis yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Jatim menegaskan, inovasi tidak perlu sesuatu yang besar. Menurutnya, sesuatu yang inovatif itu cukup sedikit berbeda dari apa yang sudah ada.

Dia mencontohkan bisnis kopi kekinian yang ragamnya sudah sangat bermacam-macam. Menambahkan konsep sedikit berbeda, misal dengan tempat duduk ala-ala Jepang, atau menambahkan photobooth yang instagramable, itu sudah menjadikannya sesuatu yang inovatif.

Wahyu yang pernah tergabung dalam tim Brighton Real Estate Surabaya menekankan, ada beberapa hal yang menjadi kunci untuk mencari inovasi. Salah satunya insight atau wawasan yang mendalam tentang sesuatu.

“Wawasan itu harus diiringi sebuah tujuan untuk menjadikan sesuatu itu sukses. Serta sebuah mindset atau pola pikir yang kuat,” kata dia.

Ide bisa ditemukan di manapun. Di kedai kopi, di mal, di manapun seseorang berada bila orang itu memang sadar bahwa dirinya punya tujuan mencari sesuatu yang bisa membawanya pada kesuksesan.

Dengan mindset yang kuat, meski dia tidak punya skill yang mumpuni di suatu bidang seseorang akan mampu membangun hal yang besar. Dia contohkan Steve Jobs pendiri perusahaan komputer Apple yang ternyata tidak bisa bahasa coding atau bahasa pemrograman.

Dia hanya yakin, dia mampu membuat komputer dengan fitur eksklusif dan unik dan menjalankan bisnis itu layaknya sebuah orchestra. Menurut Wahyu, mindset seperti Steve Jobs itulah yang akan membawa seseorang pada kesuksesan.

Sekadar diketahui, April Wahyu adalah satu dari lebih dari 60 pembicara di Ideacloud 2020. Forum Bisnis yang digelar Tancorp Abadi Nusantara ini akan digelar selama tiga hari mulai 13 hingga 15 Maret 2020 di Voza Premium Office Jalan HR Muhammad Surabaya.

Forum bisnis untuk anak muda ini bertujuan untuk mendorong wirausahawan muda agar lebih kreatif dan inovatif. Sehingga muncul lebih banyak enterpreneur dari Jawa Timur terutama dari Surabaya. (den/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs