Sabtu, 27 April 2024

Jeli Membaca Pasar, Omzet UMKM Binaan PT SIER Naik Selama Pandemi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. UMKM Binaan PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). Foto : PT. SIER

Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap perekonomian seluruh lapisan masyarakat, termasuk juga para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Termasuk UMKM Binaan PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Beberapa UMKM mengalami penurunan pendapatan sehingga mereka pun mencari inovasi lain agar usahanya tetap berjalan dengan lancar. Tetapi ada juga UMKM yang justru omzetnya meningkat drastis karena adanya pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah Bundy Hijab, UMKM binaan PT. SIER yang produk unggulannya daily hijab, seperti pashmina dan bergo atau kerudung instan.

“Selama pandemi ini mungkin karena orang-orang pada suka belanja online, jadinya produk kami sangat laku di e-commerce. Selain itu juga banyak permintaan dari reseller kami, mungkin karena ada beberapa yang awalnya bekerja kantoran lalu dirumahkan jadinya jualan online produk kami,” kata Adiyanti, pemilik Bundy Hijab seperti dalam siaran pers PT. SIER.

Sedangkan, UMKM Ani Fashion yang beralamat di daerah Jojoran Surabaya, awalnya berfokus pada produk pakaian seperti daster rumahan. Tetapi dengan adanya pandemi ini, Anik selaku pemilik mengaku penjualannya agak sepi. Sehingga Anik memutar otak agar tetap bisa produktif, akhirnya Ia memutuskan untuk membuat masker dengan berbagai motif yang kekinian.

“Saya berusaha mengikuti pasar agar uang tetap bisa berputar. Ada pesanan apa saja asal saya bisa kerjakan ya saya ambil. Sekarang yang lagi ramai ini memang masker, ada yang minta pakai motif brokat, ada juga yang suka polos,” ujar Anik.

UMKM Binaan PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). Foto : PT. SIER

Selain itu ada juga UMKM yang tidak begitu merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Dengan produk unggulan bubuk kopi yang digiling langsung di tempat, UMKM satu ini mengaku penjualan masih seperti biasa. Omsetnya masih sama, tidak mengalami penurunan dan peningkatan yang signifikan. Biji kopi robusta yang disangrai dan digiling, langsung dijual kepada pembeli sehingga masih fresh ketika sampai di tangan pembeli.

PT. SIER turut berkontribusi secara nyata dengan memesan masker handmade dari para UMKM Binaan untuk donasi kepada pihak yang membutuhkan dan juga untuk dibagikan kepada karyawan. Harapannya agar para UMKM binaan bisa terus mengembangkan usahanya di tengah sulitnya ekonomi seperti sekarang. Selain itu, PT SIER juga memberikan motivasi serta membantu promosi usaha dari para UMKM binaan.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs