Kamis, 18 April 2024

Sandiaga Uno Dinilai Mampu Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Sandiaga Uno Menparekraf memberikan keterangan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Foto: Dok/Farid suarasurabaya.net

Terpilihnya Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) disambut baik pengurus program OK OCE Indonesia.

Rahmat Agustiar Bendahara Umum OK OCE Indonesia, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (25/12/2020), mengatakan, Sandiaga Uno mampu mengembalikan geliat industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk imbas pandemi Covid-19.

Lewat sejumlah strategi yang dimiliki, kata dia, Sandi diyakini akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan pasca-bangkitnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif di masa depan.

“Terpilihnya Bang Sandi memimpin Kemenparekraf akan berdampak positif bagi dunia usaha, khususnya bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Rahmat, dilansir Antara.

Bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara langsung dinilai akan menjadi wadah terciptanya banyak lapangan kerja.

Mengingat, kiprah Sandiaga Uno sebagai founder OKE OCE Indonesia berhasil mendorong OK OCE sebagai gerakan kewirausahaan nasional yang telah melahirkan banyak pengusaha muda dan sukses dalam beberapa tahun terakhir.

“Di bawah kepemimpinan Sandi diharapkan lapangan pekerjaan yang menjadi pekerjaan rumah utama imbas Covid-19 dapat segera teratasi dan tumbuh, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Sandiaga Uno pun mengapresiasi dukungan yang diberikan kepadanya. Ia berjanji akan menyelamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kolaborasi dengan sejumlah kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju.

Langkah tersebut dibuktikannya lewat kolaborasi bersama tiga menteri pada Selasa (22/12/2020) untuk berkoordinasi.

Bertempat di Kantor Kementerian BUMN, Sandiaga Uno bertemu dengan Erick Thohir Menteri BUMN, Bahlil Lahadalia Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Muhammad Luthfi Menteri Perdagangan.

Pertemuan tersebut menurut Sandi, merupakan langkah percepatan untuk menggerakkan ekonomi, khususnya di sektor pariwisata yang diketahui terpuruk imbas pandemi Covid-19.

“Kita langsung gerak cepat, saya mengunjungi Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) juga mengundang Pak Mendag dan Bapak Menteri Investasi kita Kepala BKPM karena kita harus berkolaborasi kebijakan ini harus kita pastikan eksekusi yang tepat waktu, tepat sasaran, tepat manfaat,” ujar Sandiaga Uno.

Ia mengatakan, lebih dari 40 juta lapangan kerja yang perlu diselamatkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno mengakui sangat membutuhkan peran ketiga kementerian untuk mewujudkan hal tersebut, karena kebijakan ketiga kementerian mempengaruhi ekonomi nasional secara menyeluruh.

“Semoga ini menjadi sumbangsih pertama dalam darma bakti kita terhadap kebangkitan ekonomi, mengatasi Covid-19 dan kesempatan untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” kata Sandiaga Uno. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs