Minggu, 24 Januari 2021

UMKM Wajib Bersinergi Agar Tetap Mampu Bertahan dan Berkembang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Usai penandatanganan kesepahaman antara Kemendag RI dengan Accor Grup mendukung UMKM. Foto: Humas Accor

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan terus bersinergi dengan berbagai elemen atau komunitas lainnya agar tetap bertahan dan terus berkembang.

Suhanto Sekjen Kementerian Perdagangan RI menyampaikan itu di Surabaya, Rabu (25/11/2020) usai penandatanganan MoU bersama Accor Grup.

“Tidak hanya bersinergi, tapi juga berkolaborasi, dan harus terus kreatif agar bisa bertahan dan terus berkembang. Ini penting dilakukan oleh UMKM di masa sekarang dan nanti, ” terang Suhanto.

Sebab, lanjut Suhanto dengan kreativitas yang tinggi ditambah kemampuan berkolaborasi, akan menjadikan UMKM memiliki kekuatan yang menjadi keunggulan.

“Melakukan kolaborasi itu menjadi penting, dikarenakan akan muncul kekuatan atau keunggulan baru. Ini harus dipahami. Karena itu kami terus mendorong UMKM untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan banyak pihak, ” kata Suhanto.

Menyoal kendala-kendala yang ada pada UMKM, Suhanto menegaskan bahwa hal itu dapat diminimalisir jika kolaborasi dan sinergi terus dilakukan dengan berbagai pihak.

“Termasuk kendala tentang perluasan pasar bisa diatasi jika UMKM bisa berkolaborasi dengan pihak-pihak lain. Sedangkan untuk kendala terkait kemasan produk, sinergi dengan UMKM lain bisa memunculkan alternatif baru yang bisa jadi unggulan. Karena itu, UMKM jangan berhenti, ” pungkas Suhanto. (tok/iss/ipg)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pak Nunut Pak …

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya
Minggu, 24 Januari 2021
24o
Kurs