Selasa, 16 April 2024

Wall Street Dibuka Menguat Usai Pengumuman Inflasi Bank Sentral AS

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Traders di lantai bursa New York Stock Exchange (NYSE), New York, U.S., Foto: REUTERS/Brendan McDermid/Antara

Saham Wall Street, di Bursa Efek New York, Amerika Serikat, dibuka lebih tinggi pada perdagangan hari Kamis pagi waktu setempat setelah bank sentral AS, Federal Reserve, mengadopsi target inflasi rata-rata.

Tak lama setelah pembukaan, Indeks Dow Jones Industrial Average meningkat 123,84 poin atau 0,44 persen menjadi 28.455,76.

Indeks S&P 500 juga bertambah 7,44 poin, atau 0,21 persen menjadi 3.486,17 dan Indeks Komposit Nasdaq naik 18,36 poin atau 0,16 persen menjadi 11.683,42.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Kamis mengumumkan persetujuan pembaruan pada pernyataannya tentang tujuan jangka panjang dan strategi kebijakan moneter.

Bank sentral AS itu mengatakan telah mengadopsi target inflasi rata-rata dan mengakui manfaat dari pasar tenaga kerja yang kuat.

“Setelah periode ketika inflasi terus berjalan di bawah dua persen, kebijakan moneter yang sesuai nampaknya akan bertujuan mencapai inflasi di atas dua persen untuk beberapa waktu,” kata Federal Reserve (Fed) dalam sebuah pernyataan.

Wall Street juga meneliti banyak data ekonomi yang baru dirilis.

Departemen Perdagangan AS melaporkan pada hari Kamis ekonomi AS berkontraksi pada tingkat tahunan sebesar 31,7 persen pada kuartal kedua di tengah dampak COVID-19 yang meningkat.

Departemen Tenaga Kerja menyebutkan klaim pengangguran awal AS, yang mengujur PHK secara kasar, mencapai 1 juta pada pekan yang berakhir 22 Agustus, menyusul klaim 1,1 juta pada pekan sebelumnya. Angka tersebut secara kasar sejalan dengan ekspektasi pasar.(ant/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs