Rabu, 17 Agustus 2022

10 Perjalanan KA ke Wilayah Timur Jawa Tidak Terkendala Awan Panas Guguran Semeru

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Penumpang menaiki Kereta Api Turangga tujuan Surabaya Gubeng di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Foto: Antara

Sekurangnya 10 perjalanan kereta api (KA) yang menjalani relasi Surabaya ke sejumlah tujuan di timur Jawa, sampai Senin (6/12/2021) tetap beroperasi seperti biasa.

“Setiap hari sekurangnya ada 10 perjalanan dari Surabaya ke sejumlah kota di timur Jawa, khususnya di wilayah Daop 9. Dan sejak Sabtu (4/12/2021) tidak terkendala awan panas guguran (APG) Semeru,” terang Luqman Arif Manajer Humas PT KAI Daops 8 Surabaya, Senjn (6/12/2021).

Tujuan ke arah timur Jawa tersebut di antaranya ke Jember, Ketapang, Banyuwangi atau yang menjadi bagian dari daerah operasional (Daop) 9, seluruhnya masih normal. Tidak ada perubahan jadwal keberangkatan maupun pengurangan kereta api.

“Sejak Sabtu (4/12/2021) atau bertepatan terjadinya awan panas guguran Gunung Semeru, memang tidak ada perubahan jadwal perjalanan maupun pengurangan perjalanan kereta api. Sampai Senin (6/12/2021) belum ada perubahan jadwal dan layanan,” tambah Luqman.

Perjalanan kereta api dari Surabaya ke Ketapang, Banyuwangi dengan kereta Probowangi, atau dari Jogyakarta ke Surabaya lanjut Ketapang dengan kereta api Sri Tanjung, ditegaskan Luqman masih tetap beroperasional dan dengan jadwal keberangkatan yang sama.

“Termasuk perjalanan kereta api Logawa relasi perjalanan Jember, Surabaya dan tujuan akhir Purwokerto tetap normal. Begitu juga perjalanan kereta api Ranggajati relasi Jember, Surabaya dan tujuan akhir Cirebon, masih normal. Dan kereta api Wijaya Kusuma relasi Ketapang ke Surabaya, tujuan akhir Cilacap tetep berjalan,” pungkas Luqman.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
31o
Kurs