Jumat, 29 Maret 2024
HJKS Ke-728 Surabaya

Eri Sebut Pemulihan Ekonomi Surabaya Berpotensi Lebih Cepat

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya usai upacara peringatan Hari Jadi Kota Surabaya Ke-728, Senin (31/5/2021) Foto: Manda suarasurabaya.net

Di Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyampaikan prestasi Kota Surabaya yang telah menjadi salah satu kota yang dikenal di dunia.

Eri Cahyadi mengatakan, Kota Surabaya memiliki kekayaan yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain di dunia, yaitu gotong-royong dan kebersamaan antar warga yang sangat mencintai kotanya. “Ini merupakan modal pembangunan Surabaya, jiwa egaliter terbuka dan ramah merupakan ciri khas warga Kota Surabaya, inilah yang menjadikan Surabaya menjadi kota yang maju dengan pesat,” kata Eri Cahyadi di hadapan para peserta upacara yang berlokasi d Balai Kota Surabaya, Senin (31/5/2021).

Selain kebanggaan atas Kota Surabaya, Eri Cahyadi juga mengungkapkan tantangan ke depan yang semakin berat. “Saat ini kita dihadapkan pada tantangan yang berbeda, dihadapkan adanya perang informasi dari luar, yang kadang itu benar, kadang juga tidak benar. Kemajuan teknologi, sangat berpengaruh pada kehidupan kita sebagai bangsa dan warga masyarakat. Teknologi ibarat pisau bermata dua, kalau kita salah memanfaatkannya,” tegasnya.

Kata Eri Cahyadi, saat ini kita dipaksa melakukan sesuatu yang dulu yang tidak lazim, seperti yang dialami anak-anak yang terpaksa sekolah dan mencari ilmu dari rumah, dengan memanfaatkan teknologi. Setiap orang juga diharuskan bekerja dan berkomunikasi melalui teknologi.

Oleh karena itu, kata Eri Cahyadi, setiap orang, harus senantiasa berpikir untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah kehidupan. “Tidak boleh pasrah dengan kondisi yang ada saat ini, dan terus-menerus berusaha dan belajar tidak kenal usia, kaya atau miskin agar kita tidak berhenti dan kaget kalau terjadi perubahan yang seperti terjadi saat ini,” jelasnya.

Tantangan yang harus dihadapi katanya, adalah, kecepatan beradaptasi mengantisipasi pola hidup baru yang menjadi kondisi normal baru, seperti melakukan aktivitas di rumah, pemanfaatan teknologi digital dan perubahan atau transformasi struktur perekonomian.

“Keberhasilan pembangunan di Surabaya selama ini disebabkan oleh inovasi dan kreativitas yang diluncurkan dengan didukung sikap berani, dan mencoba. Inovasi program telah dilakukan untuk mendukung layanan serta peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, Surabaya mempunyai potensi kecepatan pemulihan ekonomi yang lebih cepat karena memiliki letak posisi yang sangat strategis dan berbagai infrastruktur yang mendukung, seperti pelabuhan bandar udara serta pembangunan jalan dan saluran utilitas. “Hasilnya, ekonomi Surabaya perlahan mulai pulih pada Kuartal 1 tahun 2021.Tercatat pertumbuhan ekonomi sudah menunjukkan tren yang baik, dan akan terus didorong mencapai 6,3 sampai dengan 6,8 persen di akhir 2021,” jelas Eri Cahyadi.

Di akhir Pidato Wali Kota Surabaya Eri, menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-728 untuk Kota Surabaya, dengan berharap semoga capaian ini semakin memacu semua untuk bekerja keras cerdas, inovatif, dan kreatif, sehingga menjadi pemenang dalam persaingan global. (man/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs