Minggu, 5 Mei 2024

Nilai Ekspor November 2021 Naik, Diharapkan Kinerja Bulanan Terus Meningkat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Margo Yuwono Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) pada rilis bulan November 2021 secara daring. Foto: Totok suarasurabaya.net

Selama pandemi Covid 19 di bulan November 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan nilai ekspor. Diharapkan kinerja bulanan juga terus meningkat agar mendongkrak kenaikan nilai ekspor.

“Kenaikan nilai ekspor tersebut memang dipicu banyak hal. Dengan harapan bahwa kinerja berbagai bidang terus meningkat setiap bulannya, maka hal itu juga akan menaikkan nilai ekspor. Ini tentunya sangat menggembirakan,” papar Margo Yuwono Kepala BPS, Rabu (15/12/2021).

BPS mencatat, di November 2021 ini nilai ekspor sebesar 22,84 miliar US Dollar, naik sekitar 3,69 persen dibandingkan dengan bulan Oktober 2021.

“Kenaikan 3,69 persen ini tentu saja diharapkan terus meningkat sebagai indikator perbaikan kinerja perdagangan di masa pandemi,” tambah Margo Yuwono.

Ekspor non migas, ditambahkan Margo Yuwono menyumbang 94,17 persen dari total nilai ekspor bulan November 2021 tersebut. Negara tujuan ekspor tertinggi non migas adalah Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Swiss.

Sedangkan untuk impor, di bulan November 2021 mencapai 19,33 miliar US Dollar naik 18,62 persen dibandingkan dengan bulan Oktober 2021. Peningkatan impor tersebut tercatat yang tertinggi berasal dari Tiongkok, Korea Selatan, Amerika Serikat, Thailand dan Jepang.

“Namun demikian terjadi juga penurunan impor pada negara Australia, Ukraina, Swiss, Afrika Selatan dan Finlandia. Catatan lain, ekonomi domestik terus menggeliat, terus bangkit dan ini pertanda bagus,” pungkas Margo Yuwono.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs