Jumat, 29 Maret 2024

PLN Akan Tambah Empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Jatim

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) komersial pertama Pertamina di SPBU Fatmawati sudah mulai beroperasi, Kamis (10/12/2020). Foto: Antara/Pertamina

PT PLN (Persero) berencana menambah empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Jatim, sehingga total menjadi sembilan stasiun hingga akhir 2021.

Fenny Nurhayati Manager Komunikasi PLN UID Jatim mengatakan, tambahan empat SPKLU itu masing-masing dua di rest area tol, yakni KM 626A dan KM 626B Saradan, Madiun, kemudian satu di Bandara Juanda Sidoarjo, dan satu lagi di Bandara Abd Saleh, Kabupaten Malang.

“Diperkirakan akan bisa beroperasi pada November 2021,” kata Fenny kepada wartawan, Sabtu (25/9/2021) dilansir Antara.

Saat ini, katanya, total SPKLU di Jatim ada di lima lokasi, masing-masing SPKLU di Kantor PLN ULP Embong Wungu, di Kantor PT PJB, Kantor PLN UP3 Situbondo, Kantor PLN UP3 Banyuwangi, serta Kantor PLN UP3 Ponorogo.

Fenny menjelaskan, penambahan ini karena adanya proyeksi jumlah kendaraan listrik di Indonesia pada 2030 yang mencapai 2,2 juta mobil listrik, dan 13 juta motor listrik.

Fenny mengatakan, PT PLN (Persero) juga membuka peluang kerja sama bagi pelaku usaha untuk ikut membangun 101 SPKLU sepanjang 2021 secara nasional.

PLN, kata dia, menyiapkan skema bisnis dan insentif bagi investor yang ingin bergabung.

Sebelumnya, Bob Saril Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN menuturkan, peluang bisnis SPKLU ini memiliki prospek menggiurkan mengingat tren penjualan mobil listrik terus meningkat.

Pada 2020, penjualan mobil listrik naik 46 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan mobil konvensional yang justru menurun hingga 14 persen.

Ditambah, hasil riset juga menunjukkan minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik dinilai berada di atas rata-rata keinginan warga negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Berdasarkan roadmap yang disusun Kementerian ESDM, potensi jumlah kendaraan listrik di Indonesia pada 2030 mencapai 2,2 juta mobil listrik dan 13 juta motor dengan 31.859 unit SPKLU.

Jumlah kendaraan listrik ini diharapkan bisa menekan impor BBM sekitar 6 juta kilo liter pada 2030.(ant/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs