Jumat, 3 April 2020

PLN Dirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Pertama di Jatim

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Bob Saril General Manager PLN UID Jatim (tengah) melakukan pengisian listrik pertama kali kepada mobil di SPKLU Jalan Dr Soetomo, Surabaya, Sabtu (29/2/2020). Foto: Antara

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur mendirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di wilayah setempat, tepatnya di Kantor PLN Embong Wungu, Jalan Dr Soetomo 42, Surabaya.

Bob Saril General Manager PLN UID Jatim di Surabaya, Sabtu (29/2/2020), mengatakan, keberadaan SPKLU pertama di Jatim ini untuk mendorong masyarakat di wilayah setempat memiliki kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Selanjutnya, PLN Jatim masih melihat terlebih dahulu perkembangan jumlah mobil listrik, khususnya Surabaya. Sehingga apabila dibutuhkan akan ditambah lagi pendirian SPKLU di sejumlah tempat.

“Kita lihat dulu perkembangan berikutnya, apabila sudah banyak akan dikembangkan bagaimana model bisnisnya, sebab PLN hanya fokus melayani kelistrikan,” kata Saril, dilansir Antara.

Dia juga mengatakan, untuk sementara ini PLN Jatim hanya menyediakan SPLU atau stasiun pengisian listrik umum yang diperuntukkan mengisi ulang gawai atau memasak, serta untuk daya rendah.

“Kalau keberadaan SPLU sudah banyak di beberapa titik di Jatim, namun khusus untuk SPKLU masih satu ada di Surabaya,” katanya.

Pendirian SPKLU di Surabaya juga mencontoh beberapa kota yang sudah ada terlebih dahulu, seperti di Jakarta, Bandung dan Bali, yang jumlahnya menyesuaikan kendaraan listrik di wilayah tersebut.

Ia berharap, dengan keberadaan SPKLU di Surabaya mendorong adanya kebijakan atau peraturan-peraturan yang berpihak pada mobil listrik yang lebih hemat dan murah, sehingga menjadikan kendaraan massa yang ramah lingkungan. (ant/ang)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
26o
Kurs