Minggu, 19 Mei 2024

39 Produk UMKM Surabaya Kriya Galeri Ludes Terjual Secara Live Streaming di Marketplace

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Penjualan Produk UMKM di Surabaya Kriya Gallery oleh Rini Eri Cahyadi dan Tokopedia. Foto: Dekranasda Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Rini Indriyani Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Surabaya berkolaborasi dengan marketplace (pasar daring) Tokopedia, untuk memasarkan produk UMKM Surabaya Kriya Galeri secara live streaming, Sabtu.

39 Produk UMKM Surabaya Kriya Galeri ludes terjual dalam waktu satu jam melalui tayangan langsung yang dilihat sebanyak 3.000 viewers itu.

Produk yang dijual di antaranya ragam makanan dan cemilan buatan UMKM hingga kain batik dan tas wanita.

Melihat antusiasme masyarakat di acara tersebut, Rini berharap agar pelaku UMKM lain lebih bersemangat untuk mengembangkan produknya.

Rini berpesan, agar para pelaku UMKM tidak bosan atau patah semangat untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk-produk baru yang dengan mengikuti perkembangan tren masa kini.

“Misalnya fashion dari batik yang dirancang agar semua kalangan mau menggunakan batik, sehingga produk itu tidak monoton. Kemudian untuk kuliner, melalui kemasan atau packing bisa diperbaiki,” ujar Rini, Sabtu (23/7/2022).

Sementara itu, Emmiryzan Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia menjelaskan, pihaknya menggandeng Surabaya Kriya Galeri dan Dekranasda Surabaya untuk bisa membantu para pelaku UMKM melalui sumber daya digital.

“Ini adalah kerjasama strategis antara Tokopedia dengan Pemkot Surabaya, kami melihat produk unggulan dalam kategori fashion dan kuliner yang sangat diminati masyarakat. Sehingga, kami membantu untuk memasarkan produk para pelaku UMKM binaan dari Dekranasda Kota Surabaya secara digital,” jelas Emmiryzan.

Bagi Tokopedia, UMKM adalah mitra terpenting dan strategis, untuk misi melakukan pemerataan ekonomi secara digital Indonesia.

“Kita semua sepakat bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia dan di masa pandemi seperti saat ini, UMKM menjadi garda terdepan dalam rangka pemulihan ekonomi. Dengan mendigitalkan para pelaku UMKM, bisa memperluas pemasaran ke seluruh Indonesia, karena Tokopedia telah menjangkau 99 kecamatan di seluruh Indonesia,” pungkasnya.(des/dfn)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs