Kamis, 25 April 2024

Car Free Day di Jembatan Suroboyo Ajang Hiburan Warga Sekaligus Mendongkrak UMKM

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Warga yang meramaikan Car Free Day (CFD) di Jembatan Suroboyo pada Minggu (3/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Warga Kota Surabaya dan sekitarnya terus berdatangan ke Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD), di Jembatan Suroboyo, Minggu (3/7/2022) pagi.

Mereka antusias menikmati pemandangan Pantai Kenjeran dari atas Jembatan Suroboyo untuk berolahraga mulai dari jogging, bersepeda atau hanya sekadar swafoto sambil menikmati live music dan festival food truck yang pertama kali digelar.

Seperti Cintya dan Wiwid warga Manyar yang datang ke Jembatan Suroboyo untuk menikmati keindahan pemandangan pantai dari trotoar jembatan.

“Baru tahu kalau ada food truck, tadinya niat ke sini memang ingin foto-foto saja dari atas trotoar Jembatan Suroboyo,” kata Wiwid.

Sajian live music dan food truck hari ini membuat CFD lebih ramai dari biasanya.

Risdiana Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya saat ditemui suarasurabaya.net di lokasi mengatakan, gelaran CFD kali ini memang dibuat berbeda karena kondisi ekonomi yang sempat terjun bebas waktu pandemi Covid-19.

“Biasanya tiap minggu ada 20 UMKM dari Kecamatan Bulak, Kenjeran, dan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran,” katanya.

Warga yang berwisata kuliner di Car Free Day (CFD) Jembatan Suroboyo pada Minggu (3/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Setiap minggu, lanjut Risdiana, seluruh UMKM dari tiga kecamatan itu digilir untuk berjualan di CFD Jembatan Suroboyo. Upaya itu untuk membantu perekonomian warga sekitar melalui kegiatan yang diminati masyarakat.

“Tiap kelurahan ada dua (UMKM) menyetorkan, jadi total 20 biar semuanya kebagian. Kalau dari THP jualnya khas olahan hasil laut, tapi dari kecamatan lain kita coba cari keunggulannya apa,” imbuhnya.

Sementara untuk kuliner food truck, pihaknya mengaku baru pertama kalinya mencoba menghadirkan di CFD Jembatan Suroboyo.

Ternyata kehadiran penjaja makanan dan minuman di atas kendaraan itu menjadi daya tarik masyarakat.

“Kali ini baru ada 6 food truck tapi berhalangan 1 jadi hanya 5 yang datang. Baru trial memang. Ke depan kami berharap lebih banyak lagi food truck yang bisa hadir karena peminat CFD di Jembatan Suroboyo ini sudah ramai.

Risdiana berharap event itu bisa menjadi peluang bagi kuliner food truck juga UMKM sekitar bangkit dan meningkatkan penghasilan.

CFD di Jembatan Suroboyo setiap Minggu pagi berakhir sekitar pukul 09.00 WIB. Selain itu, gelaran UMKM sekitar juga dibuka di kawasan Taman Air Mancur Menari Kenjeran setiap Sabtu pukul 16.00-21.00 WIB. (lta/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs