Senin, 26 September 2022

DPRD Ajak Warga Surabaya Cintai Produk UMKM di HUT ke-77 RI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Anas Karno Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya saat mengunjungi Bazar UMKM di Kota Surabaya beberapa waktu lalu. Foto: Humas DPRD Surabaya

Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya mengajak warga dari berbagai lapisan di Kota Pahlawan, mencintai produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI.

“Mencintai itu dengan membeli produk UMKM, jadi tidak hanya mempromosikan,” kata Anas Karno Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Senin (15/8/2022) dikutip Antara.

Tentunya, lanjut dia, hal itu akan menggerakkan sektor riil ekonomi di tingkat bawah dan selanjutnya akan diikuti oleh sektor ekonomi di tingkat menengah maupun atas.

Menurut Anas, cinta produk UMKM itu juga selaras dengan tema besar HUT ke-77 RI, yaitu “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini mengacu pada kondisi pandemi Covid-19, selama kurang lebih dua tahun terakhir, yang menekan pertumbuhan ekonomi domestik, maupun nasional.

Anas mengatakan, UMKM terbukti menjadi penopang dan ujung tombak, ekonomi secara makro dan juga terhadap pertumbuhan ekonomi di Surabaya. Untuk itu, kata dia, perhatian akan keberadaan UMKM sangat penting untuk mendongkrak percepatan pemulihan ekonomi dan bangkit lebih kuat.

Anas menilai Pemkot Surabaya sudah bekerja keras melakukan pemberdayaan UMKM supaya dapat tumbuh dengan kuat, mulai dari pelatihan yang diikuti pendampingan, produksi sampai pemasaran.

Berbagai program juga dilakukan Pemkot Surabaya untuk memacu pertumbuhan UMKM, misalnya adanya aplikasi E-Peken dan Surabaya Great Expo 2022 yang memasarkan produk ribuan pelaku UMKM di Surabaya. Anas berharap dengan berbagai program pemasaran yang digelar khususnya berskala besar, produk UMKM tidak hanya bermain di pasar lokal domestik, melainkan bisa merambah pasar internasional.

“Artinya ketika salah satu atau beberapa produk UMKM Surabaya bisa memasuki pasar ekspor, ini tentunya akan membanggakan dan bisa menjadi pemantik terhadap produk UMKM lainnya untuk masuk ke pasar internasional,” kata dia.

Pada HUT ke-77 RI ini, Anas berharap Indonesia, secara khususnya untuk Kota Surabaya, merdeka di tingkat perekonomian dan pendidikan. “Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terjamin, karena ini sudah menjadi semangat dan cita-cita Bung Karno, founding father bangsa,”ujar Anas.

Di sisi lain, Fauzie Mustaqiem Yos Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya sebelumnya mengatakan, sebanyak 144 pelaku UMKM mengikuti pameran nasional Surabaya Great Expo 2022 yang digelar dalam rangka HUT ke-77 RI di Grand City Surabaya pada 24 sampai 28 Agustus 2022.

Menurut Yos, pameran ini bertujuan menarik buyer traders dan investor dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional dan global. Pameran ini juga merupakan ajang untuk promosi hiburan, belanja dan rekreasi bagi keluar serta semua lapisan masyarakat.

Yos juga menegaskan produk yang dipamerkan UMKM sangat beragam, mulai dari fashion craft, produk perbankan, peralatan rumah tangga, makanan, produk daring dan medical tourism. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 26 September 2022
25o
Kurs