Jumat, 21 Juni 2024

Emil Dardak Dukung IIMS Pameran Otomotif Skala Besar untuk Ekonomi Jawa Timur

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim dan Hendra Noor Saleh Direktur PT Dyandra Promosindo saat membuka acara secara IIMS Surabaya 2022 secara resmi di Convention and Exhibition Grand City, Rabu (1/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur mendukung penuh segala bentuk pemulihan ekonomi di Jawa Timur. Salah satunya yaitu pameran otomotif berskala besar yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya yang digelar di Convention & Exhibition Grand City Surabaya pada 1-5 Juni 2022.

“Mengadakan acara seperti ini di Surabaya merupakan sesuatu yang sangat penting,” ujarnya saat sambutan dalam acara pembukaan IIMS, Rabu (1/6/2022).

Menurutnya, populasi masyarakat Jawa Timur mencapai 40 juta orang, jumlah yang termasuk besar bahkan setara dengan populasi masyarakat yang ada di sebuah negara.

“Australia saja 25 jutaan, lalu Malaysia 30 jutaan (jumlah penduduk),” katanya.

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim bersama Hendra Noor Saleh Direktur PT Dyandra Promosindo saat mengunjungi booth milik ITS Surabaya pada pameran otomotif IIMS Surabaya 2022, Rabu (1/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Kemudian dari angka penyumbang ekonomi, dikatakan Emil, Surabaya menyumbang sebesar 25 persen ekonomi di Jawa Timur. Tetapi gelaran pameran otomotif dengan skala besar seperti ini, menurutnya juga berdampak terhadap wilayah sekitar seperti Gresik, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, dan lainnya.

“Kalau digabung semua itu, sudah mencakup 50 persen perekonomian di Jawa Timur,” ujarnya lagi.

Ia berharap dengan adanya pameran ini, pertumbuhan ekonomi di kuartal 2 bisa tumbuh di kisaran 5 persen secara agregat sepanjang 2022 dan memunculkan efek domino lainnya.

“Kuartal 1, Jawa Timur 5,2 persen padahal Indonesia 5,1 persen. Inflasi bisa terkendali, serta memunculkan banyak kemaslahatan masyarakat Jawa Timur seperti perbaikan infrastruktur jalan, pembiayaan pendidikan gratis, serta menolong masyarakat yang kurang mampu. Karena salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Timur adalah pajak kendaraan bermotor. Semoga acara ini ramai, pengunjungnya banyak tapi tetap bisa dikendalikan dalam hal penerapan protokol kesehatan,” ungkap Emil.

Sebelumnya Hendra Noor Saleh Direktur PT Dyandra Promosindo dalam sambutannya mengatakan, harapannya atas terselenggaranya IIMS Surabaya 2022 ini bisa berkontribusi terhadap perekonomian di Jawa Timur.

“Ikut berkontribusi pada perekonomian Jawa Timur dan nasional. Mohon berkenan nanti Bapak Emil membuka IIMS Surabaya secara resmi dan memberi pandangan-pandangan agar kami ke depan lebih berinovasi dan kolaboratif dengan pemerintah,” ujar Hendra saat sambutan.

Sementara itu dalam pameran yang digelar 5 hari mulai 1-5 Juni 2022 tersebut tidak hanya menjual mobil baru dari berbagai brand tetapi juga menyediakan beragam kegiatan seperti Builder Fest dengan Otoplus-online.com, Historade bersama Manasi Ride, Mini 4WD, OtoVlog khusus jurnalis, Fun Rally, dan masih banyak lagi.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 21 Juni 2024
30o
Kurs