Kamis, 28 Maret 2024

Holding Perkebunan Nusantara Ekspor Teh ke Starbucks Amerika

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pekerja mengangkut daun teh usai dipetik di perkebunan PTPN VI Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Senin (3/8/2020). Foto: Antara

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melepas ekspor perdana 2022 produk teh PTPN Group ke Starbucks Corporation, Seattle Amerika Serikat (AS).

“Holding Perkebunan Nusantara sukses meningkatkan kinerja ekspor, khususnya komoditi teh ke AS,” ujar Dwi Sutoro Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), seperti dilansir Antara, Sabtu (2/4/2022).

Holding BUMN tersebut memiliki luas areal teh lebih dari 20 ribu hektare dan produksi teh kering lebih dari 50 ribu ton per tahun. BUMN itu bermitra dengan Starbucks Corporation yang memiliki lebih dari 32 ribu gerai di 79 negara untuk melanjutkan pembelian teh pada 2022. Total nilai perdagangan internasional tersebut mencapai 496.000 dolar AS.

Penjualan teh ke Starbucks ini melanjutkan tren pada tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu penjualan ke Starbuck mencapai 322.000 dolar AS. Berdasarkan data tersebut, Holding Perkebunan Nusantara mampu meningkatkan nilai kontrak penjualan teh sebesar 54 persen pada tahun 2022.

Starbucks memiliki standar pemenuhan kualitas yang tinggi, khususnya kelolosan uji mikrobiologi, tea tasting, dan keamanan pangan. Kedai kopi dan teh internasional ini mempercayai Laboratorium Eurofins yang berlokasi di Jerman dalam pengujian teh tersebut.

“Kami telah melakukan pengapalan teh ke pusat Starbucks di Seattle, AS. Pengapalan tersebut dapat terlaksana setelah kami menerima hasil kelayakan dari Eurofins,” ujar Dwi Sutoro.

Beberapa tahun belakangan ini produk teh dari PTPN Group telah mendunia bersama Starbucks. Pencapaian ini tak hanya memperbaiki kinerja bisnis PTPN Group, namun juga memenuhi kebutuhan teh dunia dan menghasilkan devisa bagi negara.

“Kami bersyukur, Starbucks melanjutkan kontrak pembelian teh dengan Holding Perkebunan Nusantara. Sesuai data pemerintah tahun 2021, market share teh asal Indonesia secara global sebesar dua persen,” kata Dwi Sutoro.

Bersamaan dengan pembelian teh, Starbucks menyerahkan dana senilai Rp 377 juta untuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan Holding Perkebunan Nusantara berencana akan mengalokasikan dana tersebut pada program pemberdayaan wanita yang tinggal di sekitar kebun perusahaan. (tha/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs