Rabu, 24 April 2024

Jokowi Dorong Realisasi Investasi Perusahaan Petrokimia AS di Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden bertemu Seifi Ghasemi Chairman dan CEO Air Products, di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (12/5/2022), menerima kunjungan Seifi Ghasemi Chairman dan CEO Air Products, di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Dalam pertemuan itu, Presiden RI menekankan pentingnya implementasi rencana investasi perusahaan AS yang bergerak di bidang gas dan bahan kimia.

“Saya menyambut baik penandatanganan MoU di Dubai, November 2021 yang lalu. Sebagai implementasi rencana tersebut pada 24 Januari lalu, saya telah lakukan groundbreaking industri hilirisasi coal to DME di Bukit Asam. Saya berharap semua rencana investasi tersebut dapat segera ditindaklanjuti,” ujar Jokowi.

Di tempat yang sama, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM bilang, dari rencana investasi Air Products senilai 15 miliar Dollar AS, tahap pertama sudah terealisasi 7 miliar Dollar AS.

“Adalah project DME, metanol di Balongan, dan mau membangun juga metanol di Cepu, sisanya kita akan bikin hidrogen yang akan dibangun di Indonesia memanfaatkan bendungan-bendungan yang dimiliki negara,” ucapnya.

Bahlil juga menyampaikan, dari hasil diskusi Presiden dengan CEO Air Products, ada rencana membangun industri dari hulu ke hilir di bidang petrokimia.

“Sekarang, tugas Pemerintah Indonesia harus segera mengeksekusi. Karena uangnya sudah ada, proyeknya sudah ada. Saya pikir pertemuan hari ini dengan Bapak Presiden dengan Pak Seifi ini menunjukkan investasi di Indonesia tidak hanya dikuasai negara tertentu, tapi sudah merata,” imbuhnya.

Selain Bahlil, Pratikno Menteri Sekretaris Negara turut mendampingi Jokowi Presiden dalam pertemuan khusus itu.(rid)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
30o
Kurs