Jumat, 19 April 2024

Kadin Jatim Tawarkan Kerjasama Perdagangan dan Investasi pada Thailand

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Adik Dwi Putranto Ketum Kadin Jatim bersama Prapan Disyatat Duta besar Kerajaan Thailand untuk Indonesia, Kamis (9/6/2022). Foto: Kadin Jatim

Adik Dwi Putranto Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) menghadiri pameran “Mini Thailand Week 2022” yang diselenggarakan oleh Thai Airways Internasional dan Konsulat Kehormatan Kerajaan Thailand di Surabaya, Kamis (9/6/2022) petang kemarin. Pameran tersebut dihadiri dan dibuka oleh Prapan Disyatat Duta besar (Dubes) Kerajaan Thailand untuk Indonesia.

Saat bertemu dengan Prapan, Adik mengungkapkan keinginan Kadin untuk meningkatkan kerjasama perdagangan dengan Thailand, khususnya ekspor non migas Jatim agar tercipta keseimbangan antar kedua belah pihak.

“Dalam lima tahun terakhir, neraca perdagangan Jatim dengan Thailand selalu minus. Kita kalah dalam banyak komoditas ekspor, utamanya agriculture. Untuk itu, Kadin berharap pemerintah Thailand bisa membantu kami memasarkan produk Jatim di Thailand,” ujar Adik dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (10/6/2022).

Adik menuturkan, pada tahun 2018 misalnya ekspor Jatim ke Thailand mencapai US$ 449,41 juta, sementara impor Jatim dari Thailand mencapai US$ 1,133 miliar. Di tahun 2019 ekspor Jatim ke Thailand mencapai US$ 418,3 juta dan impor mencapai US$ 982,29 juta. Dan di tahun 2020 realisasi ekspor Jatim ke Thailand juga masih landai, hanya mencapai US$ 451,92 juta, sedangkan realisasi impor mencapai US$ 750,1 juta.

“Di tahun 2021, kondisinya masih sama, ekspor Jatim mencapai US$ 624,04 juta sedangkan impor Jatim dari Thailand cukup besar, mencapai US$ 918,5 juta. Untuk itu, kami berharap Dubes Thailand bisa membantu Jatim untuk meningkatkannya agar terjalin kerjasama perdagangan yang seimbang,” ucap Adik.

Sesaat sebelum membuka mini pameran tersebut, Prapan Disyatat juga melakukan kunjungan ke Graha Kadin Jatim dengan didampingi oleh Bhornbhat Punngok Minister Counsellor Commercil Thai Grade Center Royal Thai Embassy dan Board of Investment Royal Thai Ambassy.

Pada kesempatan tersebut, Tommy Kaihatu Wakil Ketua Umum Bidang Promosi dan Perdagangan Luar Negeri Kadin Jatim juga mengungkapkan hal yang sama, bahwa selisih neraca perdagangan antara Jatim dengan Thailand memang cukup besar, impor Jatim dari Thailand hampir dua kali lipat dari realisasi ekspor Jatim dari Thailand.

“Kami tidak ingin hanya menjadi pasar bagi Thailand, harus ada kerjasama yang seimbang. Untuk itu, saya juga mengajak mereka untuk berinvestasi disini. kerjasama investasi ini akan menjadi solusi tepat bagi Thailand dan Indonesia. Terlebih kebijakan pemerintah Jokowi saat ini adalah mengurangi impor dengan memaksimalkan potensi dalam negeri,” ungkap Tomy.

Dengan menanamkan investasi di Jatim, maka Thailand secara otomatis bisa memasarkan produknya di pasar dalam negeri dan luar negeri. Terlebih Thailand cukup unggul dalam hal pengembangan sektor pertanian.

“Teknologi pertanian Thailand cukup canggih, mereka bisa berinvestasi alih teknologi atau lainnya. Agar Thailand lebih tertarik, maka Kadin memberikan jaminan kemudahan berinvestasi di Jatim. Mulai perijinan hingga pengurusan dokumen lainnya. Kadin menjamin untuk memproteksi investasi mereka, baik dalam hal regulasi perijinan maupun kecepatan dalam rangka mendapatkan pasar domestik Indonesia yang besar,” ungkap Tomy.

Nantinya, investasi di sektor pertanian tersebut akan dibawah koordinasi Kadin Jatim yang akan direalisasikan dalam bentuk kemitraan dengan kelompok tani.

“Misal ingin investasi pengembangan buah nanas, maka investasi ini tidak tersentral pada satu perusahaan saja tetapi dengan mengajak puluhan kelompok tani sehingga mereka bisa maju bersama. Dan rupanya pak Dubes Prapan Disyatat sangat tertarik,” pungkas Tomy. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs