Sabtu, 20 April 2024

Kunjungan Wisman ke Jawa Timur pada Juni 2022 Naik 2,7 Persen

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Dadang Hardiwan Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Timur saat ditemui di Gedung BPS Jatim, Senin (1/8/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Badan Pusat Statistik Jawa Timur memaparkan jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) di Jatim meningkat sebesar 2,7 persen pada Juni 2022.

Dadang Hardiwan Kepala BPS Jatim menyampaikan kenaikan 2,7 persen tersebut menunjukkan jumlah pengunjung Wisman melalui pintu masuk Bandara Juanda sebanyak 4.722 orang.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding bulan Mei tercatat sebanyak 4.598 orang.

“Ini indikator yang bisa kami catat bahwa ada kenaikan pengunjung mancanegara di Jatim. Dibanding bulan yang sama tahun 2021 lalu, jumlah wisman meningkat 2.508,84 persen dengan peningkatan 181 kunjungan,” ujarnya Dadang saat ditemui di Kantor BPS Jatim, Senin (1/8/2022).

Dadang melanjutkan, peningkatan jumlah wisman itu juga berdampak terhadap perkembangan jasa usaha jasa akomodasi atau Tingkat Penghunian Kamar (TPK).

Sesuai penuturannya, TPK hotel berbintang bulan Juni 2022 mencapai angka sebesar 54,25 persen. Namun angka tersebut justru menunjukkan penurunan sebesar 3,21 poin dibandingkan TPK bulan Mei 2022 sebesar 57,46 persen.

“Terkait penurunan untuk TPK hotel ada dua hal yang bisa disimpulkan. Yang pertama, bisa jadi terkait wisatawan ini yang turun dari dalam negeri sendiri, kemudian yang kedua kemungkinan wisman ini adalah penduduk WNI yang tinggal di luar negeri,” imbuhnya.

Secara umum, pola kedatangan wisman ke Provinsi Jatim pada bulan Juni selama tiga tahun terakhir menunjukkan tren yang naik seiring dengan berangsur pulihnya kondisi pandemi Covid-19.

“Jumlah kunjungan pada bulan Juni 2022 ini merupakan yang tertinggi dari tiga tahun terakhir, semoga pandemi bisa segera berakhir dan kunjungan wisman di Jatim semakin meningkat,” pungkasnya.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs