Minggu, 25 Februari 2024

Masyarakat Surabaya Banyak yang Mudik, Beberapa Mal Mulai Lengang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Beberapa pengunjung stand baju muslim di ITC Surabaya, Minggu (1/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Jumlah pengunjung mal di Surabaya sempat melonjak, tapi sehari sebelum Lebaran, Minggu (1/5/2022) kembali landai. Hal ini karena mayoritas masyarakat Kota Surabaya mudik atau pulang kampung mulai hari cuti bersama.

Halim Antawira Hermanto Direktur Utama Pasar Atom dan Pasar Atom Mal Surabaya menyebut mulai dua minggu sebelum Lebaran, jumlah pengunjung terus berangsur naik hingga puncaknya pada akhir pekan lalu mencapai 13 ribuan pengunjung.

“Sekitar 3.400 an unit mobil parkir. Ini hampir sama seperti sebelum pandemi kalau weekend,” kata Halim.

Tidak hanya itu, terdapat pengunjung dari luar kota secara rombongan menggunakan bus. Setelah itu, jumlah pengunjung menurun termasuk yang naik bus dari luar kota. Menurut pengamatan Halim, setelah hari cuti bersama.

“Sampai 16 bus waktu itu. Terus turun jadi 1 sampai 2 bus saja sekarang-sekarang ini. Kalo pengunjung masih standar per hari 10 ribuan,” papar Halim.

Sementara hari ini, Halim memprediksi jumlah pengunjung tidak akan seramai minggu lalu. Meski begitu, yang masih menjadi favorit adalah stand jajanan dan makanan di mal yang lebih banyak dituju.

“Berharapnya sih bisa ramai. Tapi perkiraan saya, analisa saya tidak sampai 13 ribu. Tapi kalau pengunjung setia justru belanja hari ini untuk stok selama dua hari besok kan libur. Yang paling ramai diminati makanan, baru baju,” jelas Halim.

Halim menambahkan, mal akan tutup selama dua hari yaitu 2 hingga 3 Mei. Sementara prediksinya, jumlah pengunjung baru akan naik nanti setelah momen Lebaran Ketupat.

“Harapannya pulang mudik tidak ada kenaikan kasus. Biar pelonggaran kebijakan masih berlaku dan mal bisa normal atau ramai lagi,” pungkasnya.

Lonjakan pengunjung juga terjadi di ITC Surabaya, pada minggu lalu. Tepatnya 10 hari menjelang Idulfitri 1443 Hijriah menurut Ika Fujiawanti Promotion Manager ITC Surabaya.

“37 persen kira-kira. Kisarannya pengunjung per hari 8.500 sampai 9.000 orang. Setelah H-10 menjadi 12 ribuan,” ujar Ika kepada suarasurabaya.net, Minggu (1/5/2022).

Ika optimis hari ini masih tetap ramai meski jumlahnya tidak bisa setara dengan pekan lalu.

“Karena masih ada pengunjung yang mudiknya ke Surabaya dan kota sekitar, seperti Sidoarjo, Gresik, dan Madura. Masih ada yang datang berbelanja,” tambah Ika.

Sementara selama Lebaran, Ika mengaku ITC tidak akan tutup. Namun khusus Senin (2/5/2022) mal akan buka lebih terlambat dibandingkan jam operasional biasanya.

“Tanggal 2 buka pukul 12.00 – 20.00 WIB. Sementara tanggal 3 buka normal pukul 10.00 – 20.00 WIB,” jelasnya lagi.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan libur nasional Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022 dan cuti bersama Lebaran 2022 pada 29 April, serta 4-6 Mei 2022. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
25o
Kurs