Selasa, 23 April 2024

PLN Siapkan 128 Titik Pengisian Daya Kendaraan Listrik untuk Pemudik Lebaran

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Foto: PLN

Bertepatan dengan momen mudik Lebaran Idulfitri tahun ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyiagakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 8 rest area yang ada di sepanjang Tol Trans Jawa.

Darmawan Prasodjo Direktur Utama PT PLN mengatakan, dengan banyaknya stasiun pengisian daya listrik, para pemilik kendaraan listrik tidak ragu membawanya ke kampung halaman.

“Kami menyiapkan 128 SPKLU di seluruh Indonesia. Khusus untuk di jalur mudik, kami siapkan SPKLU di rest area sepanjang jalur Tol Jawa. Dari Cikampek hingga Kertosono dan Madiun,” paparnya.

Darmawan merinci delapan titik tersebut berada di Rest Area KM 519 A (Solo Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi Solo), Rest Area KM 389 B (Batang-Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang-Batang).

Kemudian, di Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B (Palikanci) dan Rest Area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

Para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di kantor wilayah PLN di sepanjang Jawa. PLN, sambung Darmawan, sekarang sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

“Kalau para pemudik ingin jalan-jalan di kota singgah sekitar Tol Trans Jawa, pemudik dengan kendaraan listrik bisa memanfaatkan SPKLU yang tersedia di kantor unit PLN,” tambah Darmawan.

Buat masyarakat yang mudik menggunakan mobil listrik bisa menggunakan Fitur electric vehicle di PLN Mobile, untuk mengetahui lokasi SPKLU tersebut.

Selain menyiapkan 2.982 posko siaga kelistrikan, PLN juga menyediakan 147 posko mudik yang ada di seluruh unit wilayah PLN.

Khusus di Jawa, Madura, Bali (Jamali), ada 44 posko. Sedangkan di Sumatera Kalimantan ada 96 posko, dan di wilayah Sulawesi, Maluku, Papua ada 7 posko.

“Kalau pemudik butuh tempat istirahat silahkan menepi di posko PLN. Kami sediakan tempat istirahat buat pemudik,” pungkasnya.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs