Kamis, 11 Agustus 2022

Mendag: Harga Minyak Goreng di Jakarta Relatif Stabil Rp14 Ribu Per Liter

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zulkifli Hasan Mendag meninjau harga minyak goreng di Pasar Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022). Foto: Kemendag

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) meninjau ketersediaan dan harga minyak goreng, di Warung Pangan dan Warung Gurih yang ada di sekitar Pasar Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022).

Usai berkeliling pasar, Mendag mengatakan harga minyak goreng yang dijual di Warung Pangan dan Warung Gurih dijual seharga Rp14 ribu per liter sudah banyak tersebar.

“Kalau di Jakarta ini di mana-mana minyak stabil harganya Rp14 ribu per liter,” ujarnya.

Dia mengklaim, di Jakarta tidak ada lagi masyarakat yang mengantre untuk membeli minyak goreng.

“Tidak ada lagi yang antre minyak goreng di Jakarta karena barangnya ada dan terbukti dengan harga Rp14 ribu per liter,” imbuhnya.

Melihat kondisi itu, Zulkifli yakin harga minyak goreng akan stabil dalam waktu dua pekan ke depan.

Lebih lanjut, Mendag menyebut pihaknya sudah menyediakan layanan 13.968 Warung Gurih dan Warung Pangan yang tersebar di 20 provinsi.

Warung Gurih dan Warung Pangan sendiri tersedia di 211 kabupaten dan kota di 20 provinsi di Indonesia, dengan rincian Warung Pangan 1.608 unit, dan Warung Gurih 12.360 unit.

“Yang diperlukan memang konsistensi kebijakannya, kami perkuat distribusi, dipercepat ada Warung Pangan dan Warung Gurih di 13.968 titik. Warung Pangan dan Warung Gurih nantinya kita juga akan membuat iklan layanan masyarakat. Jadi, Bapak dan Ibu yang ingin dapat minyak goreng curah dapat ke tempat layanan kami,” pungkasnya.

Sebelumnya, Senin (20/6/2022), Zulkifli Hasan menyatakan perlu waktu antara satu sampai dua bulan ke depan untuk menurunkan harga minyak goreng curah.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) pun meminta pengusaha besar minyak sawit mendengarkan keluhan masyarakat atas mahalnya harga minyak goreng di pasaran.

Dia bilang, salah satu yang jadi persoalan adalah belum meratanya peredaran minyak goreng curah sesuai harga eceran tertinggi Rp14 ribu per liter di Tanah Air.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
28o
Kurs