Jumat, 19 April 2024

Mendag Janjikan Keamanan Stok dan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Tahun Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Muhammad Lutfi Mendag memimpin rapat koordinasi dengan jajarannya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/2/2022). Foto: Humas Kemendag

Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan (Mendag) menyatakan pasokan barang kebutuhan pokok pada Bulan Ramadan dan Lebaran Idulfitri di seluruh wilayah Indonesia terkendali.

Dia juga menjanjikan barang kebutuhan pokok bisa didapatkan masyarakat dengan harga terjangkau.

Pernyataan itu disampaikan Mendag dalam forum Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga & Ketersediaan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2022/1443 Hijriah, Jumat (18/2/2022), di Surabaya, Jawa Timur.

“Pasokan barang kebutuhan pokok tersedia di seluruh wilayah Indonesia untuk satu setengah bulan ke depan. Meski terdapat beberapa kendala terkait distribusi, khususnya di wilayah terluar Indonesia untuk komoditas minyak goreng,” ujarnya.

Menurut Lutfi, pasokan minyak goreng sudah digelontorkan. Sehingga, dia optimistis harga akan berangsur normal dalam beberapa waktu ke depan.

Sementara, untuk komoditas lainnya seperti gula, pasokannya melimpah dan harganya terkendali.

“Kemendag memastikan stoknya ada, tidak merugikan petani, dan pada saat bersamaan memastikan pada puasa dan lebaran tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Lutfi menambahkan, ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai karena bisa berdampak pada kenaikan harga komoditas dan mengganggu perekonomian nasional.

Salah satunya, ketegangan antara Rusia dan Ukraina berpotensi mengakibatkan kenaikan harga terigu. Karena kedua negara tersebut merupakan penghasil utama terigu di dunia.

Ancaman lainnya, perubahan iklim yang basah bisa mengganggu produksi kedelai negara-negara di Amerika Latin.

“Ini semua kita bicarakan dan diskusikan untuk memastikan keadaan stok dan memitigasi lonjakan harga,” tegas Mendag.

Sementara itu, Oke Nurwan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri menjelaskan, rakornas dilaksanakan untuk meningkatkan sinergi dan identifikasi kesiapan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perum Bulog, Satgas Pangan Polri, dan pelaku usaha.

Khususnya, untuk mengantisipasi kecukupan stok/pasokan barang kebutuhan pokok menghadapi puasa dan lebaran 2022/1443 H.

“Rakornas ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Lebaran. Rakornas dilaksanakan untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan pasokan di tengah potensi peningkatan permintaan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok pada periode tersebut,” jelasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs