Selasa, 21 Mei 2024

Menkop Usulkan Enam Juta Pelaku UMKM Mendapat Bantuan Pascakenaikan Harga BBM

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM, saat memberi keterangan di Kantor Presiden, Jakarta. Senin (5/4/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Teten Masduki Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) mengusulkan enam juta pelaku usaha kecil mendapatkan bantuan sesudah adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menkop UKM mengusulkan program hibah berbentuk Bantuan Presiden (Banpres) senilai Rp600 ribu per pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Karena, para pelaku usaha kecil di seluruh wilayah Indonesia merasakan dampak kenaikan harga BBM yang terpaksa diberlakukan Pemerintah.

“Kami sudah menyampaikan usulan tersebut kepada Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Kalau mendapat persetujuan, bantuan itu akan langsung disalurkan kepada para pelaku UMKM,” ujarnya di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (8/9/2022).

Seperti diketahui, mulai Sabtu (3/9/2022), Pemerintah menaikkan harga BBM Pertalite dari Rp7.650 menjadi Rp10 ribu per liter. Lalu, Solar bersubsidi dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter, dan Pertamax dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

Pemerintah beralasan kenaikan itu terpaksa dilakukan untuk mencegah jebolnya APBN 2022 karena menanggung subsidi BBM di tengah lonjakan harga minyak dunia yang menembus 100 Dollar AS per barel.

Untuk menjaga daya beli masyarakat, Pemerintah mengalihkan anggaran subsidi BBM untuk program bantuan langsung tunai, dan bantuan subsidi upah untuk pekerja/buruh.(rid/dfn)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs