Rabu, 24 April 2024

Minyak Jatuh Terendah Sejak Januari, Kekhawatiran Resesi Meningkat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
ilustrasi harga minyak turun. Foto: Pixabay

Harga minyak merosot pada Kamis (8/9/2022) pagi, di bawah level sebelum invasi Rusia ke Ukraina karena data perdagangan China yang suram dan meningkatnya kekhawatiran resesi ekonomi global akan merugikan permintaan bahan bakar.

Minyak berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, anjlok 4,94 dolar Amerika Serikat (AS) atau 5,7 persen, menjadi menetap di 81,94 dolar AS per barel di “New York Mercantile Exchange”.

Seperti dilansir Antara, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November tergelincir 4,83 dolar AS atau 5,2 persen, menjadi 88 dolar AS per barel di “London ICE Futures Exchange“.

Kemunduran terjadi karena pedagang semakin khawatir, terkait pengetatan kebijakan agresif bank-bank sentral utama untuk mengekang inflasi yang memanas, akan menyebabkan resesi global sehingga mengurangi permintaan energi.

“Saat ini pasar mendasarkan kekhawatirannya tentang apa yang akan terjadi karena harga energi yang meningkat tajam di Eropa, permintaan yang melambat di Eropa, dan kenaikan suku bunga,” kata Phil Flynn, seorang analis “Price Futures Group”.

Sementara itu, bank Sentral Kanada (BOC) menaikkan suku bunga sebesar tiga perempat poin persentase ke level tertinggi 14 tahun pada Rabu (7/9/2022), untuk memerangi inflasi yang melonjak.

Data ekonomi China yang lemah dan kebijakan nol-Covid yang ketat menambah kekhawatiran permintaan. Impor minyak mentah negara tersebut jatuh 9,4 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya.

Harga minyak mendapat beberapa dukungan dari Vladimir Putin Presiden Rusia, yang akan menghentikan ekspor minyak dan gas negara itu jika batasan harga diberlakukan oleh negara-negara Barat. Para analis yang disurvei “S&P Global Commodity Insights” memperkirakan persediaan minyak mentah AS menunjukkan penurunan 1,8 juta barel untuk pekan yang berakhir 2 September. (ant/des/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs