Sabtu, 20 April 2024

Pemerintah Optimis Pembukaan Bandara Juanda Untuk PPLN Mendongkrak Perekonomian Jatim

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi membacakan hasil keputusan rapat kabinet terbatas, siang hari ini, Senin (7/3/2022). Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo Jawa Timur, kembali dibuka untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) non Pekerja Migran Indonesia.

Pintu keberangkatan dan kedatangan Bandara Juanda, juga berlaku untuk Jemaah Umrah Indonesia yang beribadah ke Tanah Suci umat Islam di Arab Saudi. Menurutnya, pembukaan Bandara Juanda untuk PPLN akan berdampak positif pada perekonomian Provinsi Jawa Timur.

Pernyataan itu disampaikan Luhut, Senin (14/3/2022) petang, dalam konferensi pers virtual terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali.

“Bandara Juanda akan beroperasi untuk pemberangkatan dan kedatangan PPLN non Pekerja Migran Indonesia dan jemaah umrah. Segala persiapan penunjang mulai dari karantina, isolasi hingga kesiapan di lapangan sudah dikoordinasikan dengan sangat baik. Beroperasinya Bandara Juanda akan berdampak positif bagi ekonomi Jawa Timur,” ujarnya.

Sekadar informasi, pembukaan Bandara Juanda untuk PPLN termasuk jemaah umrah telah diputuskan Luhut, hari Jumat (11/3/2022). Tapi, operasionalnya baru efektif per hari ini, setelah pihak terkait di Jawa Timur melakukan berbagai persiapan.

Sebelumnya, Bandara Juanda hanya membuka pintu kedatangan pekerja migran Indonesia di Terminal 2, terpisah dengan area khusus penumpang domestik.

Pembukaan pintu keluar dan masuk PPLN di Bandara Juanda dilakukan seiring makin terkendalinya penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Meskipun pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat di berbagai daerah mulai diterapkan, pemerintah tetap mengimbau seluruh elemen masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan.(rid/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs