Sabtu, 20 April 2024

Umrah Via Bandara Juanda Surabaya Dibuka Lagi, Hari ini Penerbangan Perdana

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Keberangkatan perdana 392 jemaah umrah Jawa Timur via Bandara Juanda, Senin (14/3/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya. net

Mulai hari ini, Senin (14/3/2022) pemberangkaatan jemaah umrah via Bandara Juanda Surabaya telah resmi dimulai dan dilaksanakaan, setelah dua tahun pandemi Covid-19.

Selama ini pemberangkatan jemaah umrah hanya terkonsentrasi dari Bandara Soekarno – Hatta Jakarta. Dampaknya ini menyulitkan jemaah karena harus menunggu lebih lama untuk mendapat giliran keberangkatan.

Sejak dibukanya Bandara Juanda sebagai salah satu titik pemberangkatan jemaah umrah, banyak pihak yang menyambut positif. Terutama jemaah, juga penyelenggara haji dan umrah.

“Untuk mengawali, ada 392 jemaah umrah yang akan diberangkatkan dari Terminal 2 Bandara Juanda menggunakan maskapai Lion Air,” jelas Mohammad Umar Bakadam Direktur Dream Tour kepada suarasurabaya.net saat ditemui di Bandara Juanda Surabaya, Senin (14/3/2022).

Dari 9.000 jemaah umrah dari Jawa Timur, tersisa 8.041 jemaah yang belum diberangkatkan. Dibukanya pintu pemberangkatan umrah via Bandara Juanda ini juga diharapkan dapat memberangkatkan lebih banyak jemaah dari Jawa Timur.

Menjelang Ramadan ini menjadi kabar baik bagi masyarakat Jawa Timur, karena dapat memiliki peluang lebih besar untuk menikmati Ramadan dari Tanah Suci.

“Nantinya pemberangkatan jemaah umrah akan dilakukan dua kali dalam seminggu lewat bandara juanda,” papar Umar.

Umar menambahkan, sesampainya nanti di Arab Saudi, 392 jemaah ini tidak perlu lagi melakukan PCR dan karantina karena Otoritas Arab Saudi sudah menghapus ketentuan tersebut.

Namun sesampainya kembali di Surabaya, nantinya tetap akan diberlakukan kewajiban PCR dan karantina bagi jemaah selama dua hari. Disebutkan juga bahwa hanya jemaah yang sudah melangsungkan vaksin minimal 2 kali yang dapat diberangkatkan umrah. (tha/man/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs