Rabu, 29 Juni 2022

Pengusaha Kembali Bangkit Lewat Navy Jazz Traffic Festival 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Stan Yamaha Land dan UMKM di Villa Navy Residence Lawang Malang, Rabu (11/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Gelaran Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) menjadi harapan baru bangkitnya para pengusaha di Jawa Timur pada khususnya. Total terdapat 92 stan yang terdiri dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), yang turut memeriahkan acara yang diselenggarakan di Villa Navy Residence Lawang Malang tersebut.

Rizal, pemilik Black Square Kitchen (b.s.k), salah satu tenant dalam gelaran NJTF ingat betul perjalanan usahanya yang baru dimulai pada 2020 itu, harus mengubah konsep secara tiba-tiba karena pandemi Covid-19. Namun, Rizal mengakui hal itu harus dilakukan demi bisa bertahan.

“2020 bikin konsepnya dine in tiba-tiba harus ngerubah jadi take away. Berubah konsep jadi online tapi kan juga gak bisa sekencang offline,” katanya saat ditemui suarasurabaya.net di depan stan miliknya, Rabu (11/5/2022).

Seiring kelonggaran kebijakan pemerintah, kini usahanya bisa kembali menyediakan layanan dine in bertempat di Jalan Raya Kendangsari Nomor 72 Kota Surabaya. Dirinya juga mengaku antusias dan mengapresiasi gelaran NJTF 2022 sebagai media promosinya.

“Acara ini sangat-sangat antusias, appreciate lah perijinan semuanya lancar. Gebrakan juga ini di Jatim acara pertama kali yang besar ya setelah pandemi dan juga seebagai media promosi kita. Mulai tanggal 10 kita pasang stan, alhamdulillah antusias pengunjung warga sekitar bagus,” tambahnya.

Rizal juga sudah melakukan persiapan khusus untuk menyambut puncak acara NJTF, pada Sabtu (14/5/2022) mendatang sebagai antisipasi banyaknya pengunjung agar bisa terlayani dengan baik.

“Nyiapkan beberapa yang recommended dari kita, siapkan porsi dan preparationnya sebagian kita bikin biar langsung bisa meng-cover customer,” ujar Rizal.

Sementara itu, Heri Kuswanto Marketing Suara Surabaya mengatakan, dari 92 tenant yang ada terbagi menjadi tiga island (lokasi) tertata, mulai pintu masuk sepanjang jalan dari area depan Stage 2 sampai depan area Stage 1.

“Island 1 itu UMKM 100 persen menyediakan produk lokal Lawang Malang, Island 2 UKM 60 persen dari Malang dan 40 persen dari sekitarnya termasuk Surabaya, terakhir Yamaha Land ada tempat duduk-duduknya dan pemutaran film,” ujar Heri.

Meski puncak NJTF masih Sabtu nanti, tapi pengunjung terus berdatangan terutama sore hari. Kebanyakan mereka mengajak anggota keluarga untuk menikmati stan-stan kuliner yang ada.

“Iya sama keluarga, tadi ke sekitar sini terus tau ada acara NJTF mampir sekalian cuma tiketnya belum beli yang buat Sabtu,” ujar Lia warga Karangploso Malang.

Selain stan-stan kuliner, mulai Kamis (12/5/2022) besok, masyarakat bisa melihat pameran alutsista Koarmada II dan Pasmar II TNI AL mulai pukul 08.00 secara gratis.

Mayor Laut (Purn.) Agung Susyanto, Panitia Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) mengatakan, masyarakat bisa merasakan sensasi menaiki langsung alutsista yang dipamerkan.

“Semua alat bisa mulai besok jam 8 pagi,” ujarnya.

Total ada 8 unit dari 5 jenis masing-masing yaitu:

1. J Force Hardtop 2 unit
2. RM 70 2 unit
3. Aligator 1 unit
4. P6 ATAV 2 unit
5. Heli Bell 505  (lta/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 29 Juni 2022
26o
Kurs