Minggu, 26 Mei 2024

Raih Penghargaan, SIER Jadikan Digitaliasi Bisnis sebagai Program Kerja 2023

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
SIER raih dua penghargaan dari Majalah ItWorks karena digitalisasi. Foto: Istimewa

PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) akan menjadikan digitalisasi bisnis sebagai program kerja 2023 mendatang, usai mendapat penghargaan di bidang pemanfaatan digitalisasi.

Diketahui, Majalah ItWorks memberi dua penghargaan pada SIER, yaitu Top Digital Implementation 2022 untuk kategori perusahaan dengan level 4 Stars dan Top Leader on Digital Implementation 2022 kategori CEO untuk Direktur Utama PT SIER.

Dedi Apriyanto Kepala Departemen Teknologi Informasi (TI) PT SIER menuturkan, tahun 2022 menjadi pijakan awal SIER dalam percepatan pemanfaatan TI. Mulai dari implementasi ERP (Enterprise Resource Planning), yang mengintegerasikan data dan transaksi seluruh proses bisnis dasar perusahaan.

Selain itu, mengembangkan pemesanan lapangan olah raga SIER Sport Arena berbasis aplikasi android, aplikasi Safety Management SIER, aplikasi IT Helpdesk, aplikasi E-Procurement, aplikasi Manajemen RKL-RPL (Rencana Pengelolaan Lingkungan-Rencana Pemantauan Lingkungan), sistem aplikasi Informasi Manajemen Klinik SIER, aplikasi otorisasi tanda-tangan digital atau Digital Signature, serta penerapan aplikasi Single Sign On.

Dedi menyebut, total pengembangan aplikasi sudah mencapai 70 persen dari target blueprint masterplan IT SIER 2019-2023.

Tapi tantangan tugas IT untuk digitalisasi proses bisnis, menurut Dedi masih harus ditingkatkan. Tidak hanya area back office dan corporate service. Tetapi juga sektor-sektor bisnis dan bidang usaha perusahaan yang dibarengi dengan penerapan IOT (internet of things) dan big data analytics, serta infrastruktur networking yang kuat, menjadi program kerja yang ditetapkan untuk 2023.

“IT di SIER yang sebelum proses transformasi hanya memegang fungsi supporting, saat ini mampu menjadi salah satu bidang yang men-support pengendalian dan peningkatan revenue perusahaan. Melalui tim yang solid, keinginan untuk terus berbenah, serta dukungan penuh dari direksi dan manajemen saya yakin kami bisa menjawab tantangan tersebut,” tandasnya.

Didik Prasetiyono Direktur Utama PT SIER menambahkan, adanya kemajuan teknologi memungkinkan perkembangan yang cepat. Untuk itu, perusahaan harus cepat dan dinamis untuk merespon permintaan pasar dengan cepat pula.

“Dunia digital berkembang begitu cepat. Sehingga menjadi keharusan bagi perusahaan untuk mengambil peran proaktif dalam pengelolaan transformasi digital. Globalisasi mengubah ekosistem bisnis, menambah lapisan baru kompleksitas peraturan. Kami di SIER sadar harus ada langkah-langkah strategis digitalisasi yang segera harus diambil agar sustainability perusahaan bisa terjaga,” kata Didik.

Menurut Didik, transformasi digital memiliki banyak keuntungan. Digitalisasi, memungkinkan untuk bekerja dengan proses lebih efisien dan data yang relevan, memungkinkan pengambilan keputusan lebih cepat dan memanfaatkan peluang baru dengan bantuan teknologi yang memadai.

“Era digital telah merevolusi tugas-tugas administrasi yang akan memakan waktu, berhari-hari atau berminggu-minggu yang kini dapat diselesaikan dalam hitungan menit. Oleh karena itu, SIER merasa perlu untuk semakin memperkuat digitalisasi agar meningkatkan pengendalian dan kinerja perusahaan,” pungkas alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga ini. (lta/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
29o
Kurs