Jumat, 19 April 2024

Menparekraf Optimistis Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun Ini Mencapai Target

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat mengunjungi Desa Wisata Undisan, Bangli, Bali, Jumat (12/8/2022). Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Salahudin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yakin kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun ini mencapai target antara 1,8 sampai 3,6 juta orang.

Dalam keterangannya, hari ini, Selasa (11/10/2022), di Jakarta, Menparekraf mengklaim minat dan kepercayaan wisman terhadap Indonesia terus meningkat.

Meningkatnya minat wisman ke Indonesia, menurutnya juga ditopang penyelenggaraan berbagai event berskala internasional, khususnya rangkaian Presidensi G20 yang puncaknya akan berlangsung November 2022, di Bali.

Alhamdulillah, kami melihat demand untuk ke Indonesia tinggi. Jadi, kami memastikan dengan beberapa kegiatan untuk mengonversi minat kunjungan itu. Sehingga, dalam beberapa bulan ke depan nanti di tahun 2023 target yang meningkat secara tajam hampir dua kali lipat bisa tercapai dengan jumlah tambahan penerbangan,” ujarnya.

Dia menyebut, sektor kuliner, fesyen, dan kriya yang tumbuh berkembang sudah membuka sekitar 33 ribu lapangan kerja baru, meningkatkan konsumsi domestik mencapai Rp1,7 triliun, dan meningkatkan citra positif Indonesia.

Lebih lanjut, Sandiaga berharap, jumlah penerbangan semakin banyak selepas KTT G20, dan memasuki masa liburan.

Sehingga, harga tiket pesawat lebih terjangkau, dan bisa meningkatkan keterisian kursi penumpang.

“Acara G20 tentunya patut kita syukuri. Sehingga, sektor-sektor kuliner, fesyen, dan kriya tumbuh berkembang,” paparnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia per Agustus 2022 mencapai 1,86 juta orang.

Menparekraf memprediksi jumlah kunjungan wisatawan luar negeri sampai akhir tahun 2022 bisa mencapai 2,5 juta orang.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs