Sabtu, 20 Agustus 2022

Surabaya Jadi Pasar Anggrek Terbesar di Jawa Timur

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
As'ari Ketua 1 DPP Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Jawa Timur dan Arumi Bachsin Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Kamis (30/6/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

As’ari Ketua 1 DPD Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Jawa Timur menyebut Kota Surabaya sebagai pasar anggrek terbesar di Jawa Timur.

Ini karena menurutnya Surabaya memiliki berbagai komunitas dan kolektor pecinta anggrek yang aktif dalam meramaikan pasar atau pameran.

“Saat teman-teman dari luar kota mengadakan pameran di Surabaya mereka senang. Karena saat pulang mereka mendapatkan pasar baru, pelanggan baru, dan pelanggan yang spesifik dalam memilih jenis tanaman anggrek,” kata As’ari saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (30/6/2022).

Selain menjadi tempat gelaran pasar anggrek yang selalu laris manis, kata As’ari, Surabaya juga memiliki komunitas dan kolektor anggrek yang cukup masif. Menariknya lagi, para kolektor anggrek di Surabaya berasal dari kalangan menengah ke atas.

Sehingga saat penganggrek di Surabaya mengadakan pasar anggrek yang segmented untuk para kolektor, tanaman yang mereka pamerkan di etalase akan diborong oleh mereka.

Ragam anggrek yang dipamerkan dalam ajang SOBAT PAI di Suara Surabaya Centre, Kamis (30/6/20220. Foto: Wildan suarasurabaya.net

“Para kolektor itu biasanya akan lebih senang kalau bisa melihat langsung barangnya, jadi potensi itu yang ingin kami ciptakan untuk membuat yang namanya pasar koleksi anggrek secara periodik di Surabaya,” kata As’ari.

Pasar koleksi periodik itu kata As’ari, sedang dipersiapkan oleh tim PAI Jatim dan Surabaya. Tujuannya untuk menciptakan ekosistem antara kolektor dan penganggrek.

As’ari belum bisa menyebutkan secara merinci jumlah kolektor anggrek yang ada di Surabaya, akan tetapi dirinya menyebut kisarannya menyentuh angka ratusan.

“Misalnya 100 kolektor Surabaya terkoneksi dalam satu pasar, untung yang didapat per pot bisa sampai 100 persen. Perkiraan setiap stan bisa mencapai keuntungan ratusan juta,” ujar dia.

Selain itu dia menyebut pameran besar anggrek di Surabaya juga cukup aktif. Dalam satu tahun saja, kata As’ari sudah ada tiga agenda pameran besar. Salah satunya pameran anggrek SOBAT PAI yang diselenggarakan di Hall Suara Surabaya Centre (SSC) Jl. Raya Bukit Darno No. 22-24 Surabaya selama 30 Juni – 3 Juli 2022.

Dirinya berharap potensi besar pasar anggrek yang ada di Kota Surabaya ini bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan perekonomian di Jawa Timur serta memberikan ruang eksis untuk berbagai komunitas.

Surabaya Orchid Be Great – Perhimpunan Anggrek Indonesia (SOBAT PAI) adalah pameran bunga anggrek yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) bersama Suara Surabaya Media. Diselenggarakan mulai tanggal 30 Juni – 3 Juli 2022 pukul 09.00 – 21.00 WIB. Beragam acara disajikan di sini, mulai dari pameran tanaman anggrek hingga talkshow, workshop, contest, dan bazaar.(wld/dfn/ipg)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
29o
Kurs