Rabu, 26 Juni 2024

APPBI Prediksi Puncak Kunjungan ke Pusat Belanja Dua Minggu Jelang Lebaran

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pengunjung Pasar Atom Mal Surabaya dicek suhunya sebelum masuk mal pada hari Minggu (17/4/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Alphonzus Widjaja Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memperkirakan puncak kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan akan terjadi pada satu hingga dua minggu menjelang Hari Raya Idulfitri.

“Puncak kunjungan ke pusat perbelanjaan pada saat Ramadan umumnya akan terjadi satu hingga dua minggu menjelang Idulfitri,” kata Alphonzus saat dihubungi Antara, Rabu (5/4/2023).

Lebih lanjut Alphonzus mengatakan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara resmi oleh pemerintah, diprediksi akan membuat tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan selama Ramadhan hingga Hari Raya Idulfitri di tahun ini dapat mencapai 100 persen.

“Tahun ini merupakan Ramadan dan Idulfitri pertama yang tanpa pembatasan, setelah tiga tahun berturut-turut sebelumnya selalu disertai dengan berbagai pembatasan akibat pandemi Covid-19,” kata Alphonzus.

“Diperkirakan rata-rata tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan pada saat Ramadan dan Idulfitri tahun ini dapat mencapai lebih dari 100 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi, atau paling tidak sama dengan sebelum pandemi,” imbuhnya.

Menjelang Hari Raya Idulfitri, umumnya masyarakat pun akan mulai berbelanja barang-barang untuk mempersiapkan Lebaran. Salah satunya yang paling umum diburu masyarakat adalah baju lebaran dan produk kategori non makanan & minuman lainnya.

“Sebagaimana biasanya, selama Ramadan pada umumnya masyarakat akan berbelanja barang ataupun produk kategori Non Makanan & Minuman (Non F&B) dan pada saat libur ataupun Idulfitri maka akan beralih ke kategori Makanan & Minuman (F&B) serta hiburan,” terangnya.

Sepanjang pandemi, pusat perbelanjaan pun tak menghadirkan promo-promo khusus serta kegiatan lain. Namun di tahun ini, Alphonzus memaparkan bahwa pusat perbelanjaan kini kembali mengadakan berbagai acara dan kegiatan dari hiburan hingga rohani.

“Setelah PPKM dicabut beberapa waktu yang lalu maka Pusat Perbelanjaan telah mulai kembali mengadakan berbagai acara dan kegiatan antara lain seperti hiburan, sosial, rohani serta beragam promo belanja diantaranya adalah diskon yang mana sebelumnya hampir selama tiga tahun dilarang sehubungan dengan berbagai pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah,” tutupnya.(ant/dfn/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 26 Juni 2024
27o
Kurs