Senin, 29 April 2024

Bandara Juanda Buat Alur Baru untuk Kedatangan Penumpang Domestik

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Lokasi area kedatangan 1A di sisi timur Bandara Udara Internasional Juanda. Foto: Humas Bandar Udara Juanda

Bandara Udara Internasional Juanda membuat alur baru untuk kedatangan penumpang penerbangan domestik di Terminal 1.

Lokasi area kedatangan yang sebelumnya hanya ada di sebelah barat, akan bertambah lagi di sisi timur yang berlokasi di dekat Gedung VIP Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda mengatakan, lokasi area kedatangan di sisi barat selama ini sudah melayani 110 penerbangan kedatangan per hari yang dioperasikan oleh sembilan maskapai penerbangan.

“Sehingga kami mencoba mengurai area kedatangan tersebut dengan mengoperasikan sisi timur T1,” jelas Sisyani Jaffar dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net pada Senin (31/7/2023).

Menurut Sisyani, kebijakan operasional ini akan dimulai tanggal 1 Agustus 2023 dan dilaksanakan secara bertahap. Rencananya, alur baru itu untuk menerima kedatangan penumpang maskapai Garuda Indonesia yang per harinya ada sekitar tujuh penerbangan.

“Di area kedatangan baru ini telah dilengkapi tiga conveyor belt bagasi dan akan ada penambahan layanan pendukung seperti tenant dan konter pemesanan transportasi darat,” imbuhnya.

Adapun, pada area kedatangan 1A tersebut juga tersedia 78 lot parkir kendaraan roda empat dan area pick up zone sehingga penumpang yang telah tiba atau mendarat bisa dengan mudah menuju ke kendaraan penjemput.

Selain kesiapan tersebut, pihak Bandara Juanda telah melengkapi marka dan petunjuk arah atau rambu sebagai panduan pengendara untuk menuju area terminal kedatangan sisi timur.

“Pada rambu tersebut kami tuliskan area kedatangan 1A untuk sisi timur dan 1B untuk sisi barat. Kedatangan 1A inilah yang per 1 Agustus akan dioperasionalkan untuk kedatangan penumpang domestik Garuda Indonesia. Selain maskapai Garuda, akan tetap dilayani di 1B atau sebelah barat seperti kondisi saat ini,” ungkap Sisyani. (wld/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs