Sabtu, 25 Mei 2024

BI Minta UMKM Bidik Pasar Milenial dengan Pembayaran Digital

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi QRIS. Foto: QRIS

Filianingsih Hendarta Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) menyebut pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat membidik pasar konsumen milenial dengan menyediakan sarana pembayaran digital.

“Kita tahu ke depan kaum muda kita 79 persen sudah terbiasa dengan pembayaran digital. Jadi kalau pelaku UMKM tidak siap dengan pembayaran digital, maka mereka tidak jadi beli,” kata Filianingsih dilansir Antara, Rabu (12/7/2023).

Menurut Filianingsih, kaum milenial yang berusia antara 24-39 tahun tidak biasa membawa uang tunai dalam jumlah besar. Sebab sebagian besar mereka lebih menyukai bertransaksi secara digital atau nontunai.

“Saya berani bertaruh bahwa kaum milenial kalau dibuka dompetnya paling banter isinya Rp20 ribu karena mereka suka pembayaran digital,” kata dia.

Oleh karena itu, BI memfasilitasi para pelaku UMKM untuk menggunakan kanal pembayaran dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“UMKM dapat mengakses pembayaran digital melalui QRIS dengan sangat mudah, tidak perlu alat macam-macam, hanya stiker saja ditempel atau dikalungkan,” ujarnya.

Selain membantu kenyamanan bertransaksi secara digital, QRIS juga mempermudah UMKM memperoleh permodalan karena data transaksi pembayaran dapat digunakan sebagai credit scoring yang mendorong keyakinan bank untuk menyalurkan kredit.

“UMKM biasanya cupet (kurang mencukupi) modalnya dan tidak punya agunan bagaimana bisa mendapat pinjaman, jangan khawatir karena melalui QRIS riwayat transaksi akan ter-capture oleh bank,” ujar Filianingsih.

Dia mengatakan, BI terus mendorong pengembangan UMKM naik kelas dengan tetap berpegangan pada tiga pilar, yaitu penguatan korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan peningkatan akses pembiayaan.

Lebih lanjut, kata dia, BI juga mengembangkan strategi untuk meningkatkan UMKM berkinerja ekspor dan meningkatkan digitalisasi UMKM dari hulu sampai hilir melalui program e-farming, e-commerce, dan e-financing support. (ant/fra/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
31o
Kurs