Sabtu, 25 Mei 2024

UMKM Didorong Maksimalkan Teknologi dan Inovasi di Era Ekonomi Digital

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
I Nyoman Adhiarna Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo. Foto: mediaIndonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan teknologi digital dan berinovasi agar mampu bertahan dan sukses di era ekonomi digital yang semakin maju.

“Pertama UMKM harus memanfaatkan teknologi digital, itu wajib,” ujar I Nyoman Adhiarna Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo dilansir Antara pada Sabtu (8/7/2023).

Nyoman menyampaikan, setidaknya terdapat tiga langkah kunci yang harus dilakukan oleh UMKM agar dapat bertahan dan berkembang dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.

Pertama, UMKM harus memanfaatkan teknologi digital. Menurutnya, penggunaan teknologi digital telah menjadi kebutuhan mendesak bagi UMKM agar dapat bersaing secara efektif.

Dengan memanfaatkan platform digital, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan daya saing.

Selanjutnya, tambah Nyoman, penting bagi UMKM untuk melakukan inovasi. Di era ekonomi digital saat ini, tidak cukup hanya menjual produk atau layanan yang sama selama bertahun-tahun.

UMKM perlu terus berinovasi, misalnya dalam hal produk, proses produksi, pemasaran, dan strategi bisnis agar tetap relevan dan menarik bagi konsumen.

Kemudian, pelaku UMKM juga harus memikirkan kemungkinan untuk masuk ke rantai pasok global. Dia memberikan contoh di negara-negara maju di Eropa, UMKM dapat sukses dengan hanya memiliki 10 karyawan, tetapi bisa melakukan ekspor, memiliki merek sendiri, dan memiliki kemasan produk yang menarik.

Nyoman menilai, UMKM di dalam negeri cenderung mengandalkan cara-cara konvensional dan jarang melakukan inovasi. Oleh karena itu, dia menegaskan pentingnya bagi UMKM untuk bergabung dalam rantai pasok, baik skala regional, nasional, maupun global, untuk meningkatkan daya saing dan ekspansi bisnis.

Dalam konteks ini, literasi digital juga menjadi faktor penting. Dia menjelaskan, bahwa literasi digital melibatkan pemahaman tentang etika digital, keamanan digital, budaya digital, dan kemampuan digital dasar.

Kemenkominfo sendiri, kata dia, memiliki program-program yang mendukung literasi digital di masyarakat secara luas. Selain itu, mereka juga memiliki program yang lebih teknikal untuk membantu UMKM dalam mengadopsi teknologi digital secara efektif.

“Sudah waktunya UMKM ini menjadi program primadona, harus diurus dengan kesungguhan, dan saya kira sudah bagus sekarang koordinasinya, program-programnya juga sudah bagus. Saya yakin kita akan lebih baik dalam menangani UMKM,” ujarnya. (ant/fra/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
31o
Kurs