Minggu, 19 Mei 2024

IHSG Ditutup Turun Ikuti Pelemahan Bursa Kawasan Asia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi: Karyawan berjalan di dekat layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto: Antara

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup menurun mengikuti pelemahan bursa saham kawasan Asia pada Selasa (1/8/2023) sore.

Melansir Antara, IHSG ditutup melemah 44,86 poin atau 0,65 persen ke posisi 6.886,50. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45, turun sebanyak 2,16 poin atau 0,22 persen ke posisi 963,46.

“Pada akhir perdagangan, IHSG tertahan di zona merah yang tampaknya dipengaruhi sentimen eksternal dan internal,“ sebut Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya, Selasa sore.

Dari eksternal, bursa regional Asia ditutup melemah dengan kemungkinan dipengaruhi oleh data manufaktur China yang mengalami kontraksi.

Dari internal, di tengah terkendalinya inflasi dan indeks manufaktur di zona ekspansi, pasar menyikapi potensi kekeringan ekstrem yang dapat mengancam di dalam negeri dampak dari El Nino.

BMKG menyebut 63 persen wilayah di Indonesia saat ini telah terdampak El Nino. Hal ini berpotensi mengalami kekeringan ekstrem, yang mana pasar khawatir hal tersebut akan berdampak terhadap ketersediaan stok pangan. (ant/dvn/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs