Jumat, 3 Mei 2024

Jelang Lebaran, Penjualan Baju Takwa di Pasar Ampel Meningkat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Para pembeli saat memilih pakaian di salah satu toko di Pasar Ampel Surabaya, Rabu (19/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Jelang Lebaran Idulfitri tahun 2023, penjualan baju takwa di Pasar Ampel Surabaya mengalami peningkatan.

Muhammad salah satu penjual baju takwa di Pasar Ampel mengatakan, peningkatan itu telah ia rasakan sejak berada di akhir bulan Ramadan.

“Mulai malam 21 Ramadan sampai malam sekarang ini naik, kalau sebelumnya sama seperti biasa,” ucapnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (19/4/2023).

Bahkan ia mengatakan, peningkatan di akhir bulan Ramadan ini bisa sebanding dengan pendapatan selama dua bulan di bulan biasa.

“Jadi, 10 hari di akhir ramadan itu bisa menutup pendapatan selama dua bulan. Seribu potong biasanya dua bulan baru habis, tapi kalau di 10 hari akhir Ramadan, sehari bisa mencapai seratus potong,” ungkapnya.

Salah satu display baju takwa yang ada di Pasar Ampel Surabaya, Rabu (19/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Lebih lanjut, ia menyebut kenaikan penjualan itu selain karena momentum menuju hari raya Idulfitri, juga karena banyaknya rombongan masyarakat yang berdatangan ke Masjid dan Makam Sunan Ampel untuk berziarah.

Sedangkan saat disinggung soal perbandingan dengan Lebaran tahun lalu, ia menjelaskan kalau penjualannya juga mengalami kenaikan.

“Tahun sebelumnya perbedaannya jauh, apalagi dua tahun sebelumnya. Sekarang Alhamdulillah sudah normal. Kalau tahun lalu sehari R5 juta, kalau sekarang sehari bisa Rp10-15 juta,” ungkapnya.

Dalam berjualan, Muhammad mengaku mulai membuka toko mulai dari jam 08.00 WIB hingga jam 02.00 WIB setiap harinya.

Sementara itu, Nurul Hidayah penjual baju takwa yang juga berada di Pasar Ampel Surabaya menyatakan bahwa berada di akhir Ramadan ini pendapatannya juga meningkat.

“Awal Ramadan sepi pembeli sampai pertengahan bulan Ramadan sampai sekarang ini mulai ramai, yang sebelumnya sehari kisaran Rp1 juta, sekarang satu hari bisa Rp6 juta,” ucapnya.

Lebih lanjut, jika dibandingkan dengan tahun lalu, ia mengungkapkan bahwa pendapatan tokonya juga mengalami peningkatan. Pada tahun lalu di akhir Ramadan dalam satu hari mendapat dua juta, sedangkan saat ini bisa mencapai Rp6 juta.

“Pembeli biasanya dari Surabaya sendiri, Madura, ada juga dari rombongan yang datang ziarah ke Sunan Ampel biasanya mampir ke sini sekalian beli,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa tokonya yang berada di Pasar Ampel itu mulai buka pada pukul 12.00 WIB hingga 00.00 WIB. “Yang paling diminati itu baju takwa, tapi selain itu ada juga sarung, mukena, sama kerudung,” pungkasnya. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs