Rabu, 24 April 2024

Memasuki Ramadan, Pedagang Kurma di Ampel Panen Keuntungan Berlipat Ganda

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Muhammad Haqqul Yakin salah satu pedagang kurma di Pasar Ampel Surabaya, Rabu (22/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Memasuki bulan puasa Ramadan, pedagang kurma di Pasar Ampel Surabaya meraup keuntungan dua kali lipat dari hari biasanya.

Muhammad Haqqul Yakin pedagang kurma di Pasar Ampel mengatakan, peningkatan penjualan itu telah dia rasakan sejak berada di bulan Rajab.

“Mendekati Ramadan sudah membawa berkah. Mulai masuk bulan Rajab, kemudian Ruwah atau Syakban itu naik, terus untuk awal-awal puasa ini stabil,” ucapnya kepada suarasurabaya.net pada Rabu (22/3/2023).

Suasana Pasar Ampel Surabaya saat hari pertama bulan ramadan 1444 H, Rabu (22/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ia menyatakan, kenaikan penjualan itu terjadi karena banyaknya masyarakat yang berbondong-bondong membeli kurma. Apalagi, menurutnya tak sedikit rombongan dari luar kota yang juga turut membeli.

Lebih lanjut, ia menjelaskan saat memasuki malam ke-17 bulan puasa atau mulai diperingati Nuzulul Quran, penjualan kurma juga biasanya meningkat lagi.

“Peningkatan penjualannya sangat drastis, bisa tiga kali lipatnya, biasanya mulai malam 17 sampai malam 29 ramainya,” ungkapnya.

Puncak ramai pembeli, kata dia, biasanya dimulai pada sore hingga malam hari. “Kalau pagi dan siang sepi,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan kalau kurma yang ia jual di Pasar Ampel memiliki banyak jenis, mulai dari kurma Sukari, Iran, Mesir, Madinah, Tunisia, hingga Tunisia Tangkai.

“Yang paling diminati Sukari, karena dia dagingnya lebih lembut, manisnya pas tidak bikin enek. Total jenisnya kurang lebih ada 10-an,” jelasnya.

Sementara untuk harga, ia menyebut setiap jenis kurma memiliki harga yang berbeda-beda. “Kalau yang banyak diminati, Sukari, itu perkilonya Rp100 ribu,” jelasnya.

Sebagai diketahui, Pasar Ampel yang terletak di Jalan Ampel, Kelurahan Ampel, Kecamatan Pabean Cantikan Surabaya itu, buka dari pagi sampai malam hari, dan deretan pedagang yang menjual kurma berada di ujung barat pasar tersebut. (ris/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs