Senin, 29 April 2024

Kominfo Pastikan TikTok Shop Sudah Berhenti Mulai Hari ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi pedagang menawarkan pakaian secara daring melalui siaran langsung di media sosial. Foto: Antara

Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) memastikan TikTok Shop resmi berhenti beroperasi mulai Rabu (4/10/2023) hari ini.

“Tiktok sudah membuat keputusan untuk tidak lagi memfasilitasi transaksi di dalam platform TikTok Shop. Dalam hal ini, sanksi terhadap TikTok tidak diperlukan, mengingat Tiktok sudah tunduk pada regulasi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE),” terang Budi dilansir laman resmi Kemenkominfo, Rabu sore.

Budi mengatakan, Kominfo akan melakukan evaluasi dan koordinasi dengan Kementerian sektor terkait untuk memastikan kepatuhan PSE terhadap regulasi-regulasi yang ada.

Budi menegaskan, Kominfo menjalankan fungsi pengawasan terhadap Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Hal ini sesuai amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), termasuk memberikan sanksi terhadap PSE yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Kominfo akan memberikan sanksi pemutusan akses jika sudah menerima permohonan pemutusan akses dari kementerian dan lembaga yang membidangi sektor terkait. Juga telah melakukan evaluasi dan koordinasi atas permohonan tersebut.

“Dalam rangka penegakan hukum penyelenggaraan PMSE, Kominfo menjalankan fungsi pengawasan PSE melalui kegiatan monitoring rutin terhadap semua platform digital yang menyelenggarakan layanan e-commerce,” terangnya.

Kominfo juga mengimbau pelaku ekonomi digital yang selama ini memanfaatkan platform social commerce sebagai sarana PMSE, untuk memanfaatkan platform marketplace (e-commerce) yang telah ada.

“Maupun melalui media transaksi online lainnya dengan tetap mengutamakan aspek keandalan dan keamanan transaksi,” tegasnya. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs