Senin, 6 Mei 2024

Masuki Usia Ke-24, Astindo Jatim Komitmen Berdayakan Member untuk Genjot Potensi Wisata RI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Wishnu Aji Prabowo Ketua DPD Astindo Jawa Timur (kiri depan) dan Angela Tanoesoedibjo Wamenparekraf dalam sesi potong tumpeng peringatan Hari Jadi ke-24 Astrindo, Jumat (10/11/2023). Foto: Billy suarasurabaya.net Wishnu Aji Prabowo Ketua DPD Astindo Jawa Timur (kiri depan) dan Angela Tanoesoedibjo Wamenparekraf dalam sesi potong tumpeng peringatan Hari Jadi ke-24 Astrindo, Jumat (10/11/2023). Foto: Billy suarasurabaya.net

Memasuki usianya yang ke-24, per 10 November hari ini, Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) komitmen melakukan empowering kepada 100 lebih member yang tergabung.

Wishnu Aji Prabowo Ketua DPD Astindo Jawa Timur (Jatim), mengatakan komitmen itu sejalan dengan semboyan utama asosiasisnya.

Nantinya, kemampuan para member akan diberdayakan supaya bisa bekerja sama untuk kemajuan asosiasi. Serta, seluruh kepentingan member dengan membangun networking.

“Baik itu dari maskapai penerbangan, biro promosi pariwisata (yang terhubung) dengan pemerintahan melalui dinas atau kementerian pariwisata, dan memajukan Khazanah wisata di Indonesia itu sendiri,” jelas Whisnu waktu ditemui di sela-sela kegiatan perayaan Hari Jadi ke-24 Astindo, di Sheraton Hotel, Surabaya, Jumat (10/11/2023).

Whisnu juga mengungkapkan, Astindo punya semboyan baru yakni “Bangga Berwisata di Indonesia”.

Angela Tanoesoedibjo Wamenparekraf bersama seluruh pengurus DPD Astrindo Jatim dalam acara hari Jadi ke-24 Astrindo di Hotel Serathon Surabaya, Jumat (11/10/2023). Foto: Billy suarasurabaya.net
Angela Tanoesoedibjo Wamenparekraf bersama seluruh pengurus DPD Astrindo Jatim dalam acara hari Jadi ke-24 Astrindo di Hotel Serathon Surabaya, Jumat (11/10/2023). Foto: Billy suarasurabaya.net

Selain menawarkan opsi beriwisata ke luar negeri, Astindo juga akan mempromosikan destinasi-destinasi prioritas seperti desa-desa wisata yang selama ini dibina dan dikembangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Hal itu, menurutnya juga sejalan dengan peningkatan infrastruktur pariwisata di Indonesia, seiring tingginya animo masyarakat untuk berwisata pascapandemi.

“Jadi sekarang infrastruktur (pariwisata Tanah Air) juga banyak yang sudah diperbaiki, dan mungkin konsentrasinya saat ini adalah ke yang menjadi PR mungkin biaya akomodasi dan kemudahan-kemudahan akses wisata,” jelasnya.

Dia mengakui, selama ini banyak masyarakat yang cenderung melirik opsi berwisata ke luar negeri. Padahal, banyak khasanah wisata menjanjikan di Indonesia yang bisa ditawarkan.

Untuk itu, lanjut Whisnu, Astindo juga berharap ada kemudahan dari pemerintah untuk mensupport segala upaya lewat kemudahan-kemudahan, baik perizinan hingga transportasi untuk menarik animo masyarakat.

“Dengan adanya (kemudahan) penerbangan yang dibuka tentunya akan menyalurkan banyak wisatawan asing yang masuk juga,” jelasnya.

“Jadi hal ini tentunya akan sangat membantu sekali untuk memberikan stimulus kepada wisatawan-wisatawan di mancanegara dari mancanegara maupun yang domestik sendiri,” pungkasnya.

Sebagai informasi, perayaan Hari Jadi ke-24 yang dihadiri Angela Tanoesoedibjo Wamenparekraf ini, juga ada penyerahan penghargaan secara kepada member yang sebelumnya mengikuti Astindo Travel Fair 31 aug – 02 sep di Atrium Tunjungan Plaza 6, Surabaya.

Penghargaan dibagi dalam 3 kategori, yakni Top 3 Destinasi, Top 3 Airlines, Top 3 Travel agent, Top Sales Travel Agent Domestik dan terakhir Most Favorite Destinasi Domestik. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs