Minggu, 26 Mei 2024

Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Disebut Tunjukkan Pemulihan Signifikan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Ministerial Round Table di INTEX Osaka, Jepang. Foto: Kemenparekraf Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Ministerial Round Table di INTEX Osaka, Jepang. Foto: Kemenparekraf

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia disebut telah menunjukkan pemulihan yang signifikan. Bahkan disebut telah mencetak sebanyak 22,89 juta lapangan kerja pada 2022.

“Berdasarkan data terhimpun, sektor pariwisata memberikan kontribusi hingga 3,6 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional atau sebesar 6,72 miliar Dolar AS pada tahun 2022,” ucap Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) pada Sabtu (28/10/2023).

Dilansir dari Antara, sektor ekonomi kreatif juga mencatatkan angka yang cukup menjanjikan dengan meningkatnya nilai ekspor produk ekonomi kreatif senilai 26,94 miliar Dolar AS.

Dengan capaian itu, Sandiaga dalam Ministerial Round Table di INTEX Osaka, Jepang meyakini pariwisata Indonesia akan pulih dengan cepat.

“Saya sangat yakin bahwa pariwisata akan pulih dengan cepat dan memberikan dampak yang lebih besar terhadap perekonomian pasca pandemi,” katanya.

Optimismenya merujuk data Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga Agustus 2023, yakni mencapai 7,44 juta atau hampir melampaui revisi target yang ditetapkan pada pertengahan tahun ini sebesar 8,5 juta.

Pada 2022 lalu perjalanan domestik juga mencapai angka yang signifikan. Hingga 734,86 juta kunjungan atau meningkat sebesar 19,82 persen year-on-year dan 1,76 persen lebih tinggi dibandingkan kondisi sebelum pandemi Covid-19.

Mewakili pemerintah Indonesia mengajak seluruh pihak untuk mentransformasi sektor pariwisata melalui inovasi inisiatif, adaptasi strategis, dan kolaborasi yang bermanfaat.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan pariwisata domestik dan global.

“Visi kami adalah menerapkan serangkaian program yang tidak hanya akan meningkatkan potensi industri, tetapi juga juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan budaya di wilayah kita, mendorong keberlanjutan pengembangan dan menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi wisatawan di seluruh dunia,” jelasnya.

Merujuk hal tersebut, Sandiaga menargetkan akan mengembalikan sektor parekraf ke kondisi sebelum pandemi pada tahun 2024. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
29o
Kurs