Sabtu, 24 Februari 2024

Rupiah Naik Menjadi Rp15.496 per Dolar AS pada Rabu Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara Ilustrasi - Petugas menunjukkan mata uang Rupiah dan Dolar AS di pusat sebuah bank di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) pada Rabu (6/12/2023) pagi, naik sembilan poin atau 0,06 persen menjadi Rp15.496 per Dolar AS dari sebelumnya Rp15.505 per Dolar AS.

Ariston Tjendra Pengamat pasar uang mengatakan, Rupiah kembali menguat di tengah ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan AS.

“Rupiah masih berpeluang menguat hari ini meskipun sempat tertekan terhadap dolar AS kemarin,” kata Ariston dilanisr Antara.

Ia menuturkan, ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan AS masih mempengaruhi pergerakan dolar AS. Investor pasar saham secara luas memperkirakan Bank Sentral AS (The Fed) akan mempertahankan suku bunganya pada pertemuan pekan depan.

Suku bunga berjangka juga menunjukkan kemungkinan 65 persen penurunan suku bunga pada pertemuan The Fed Maret, menurut alat FedWatch CME Group.

Selain itu, tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS khususnya tenor 10 tahun mengalami penurunan ke area 4,18 persen, dibandingkan posisi sebelumnya di kisaran 4,2-4,3 persen.

Pelaku pasar masih mempertimbangkan data-data terbaru ekonomi AS yang dirilis pekan ini seperti data tenaga kerja dan tingkat pengangguran.

“Pekan ini data tenaga kerja AS yang mulai dirilis Rabu malam hingga Jumat malam bisa menjadi mover rupiah terhadap Dolar AS ke depan,” ujarnya.

Ariston memperkirakan potensi penguatan rupiah ke arah Rp15.450 per Dolar AS, sementara resisten di sekitar Rp15.550 per Dolar AS hari ini. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs