Rabu, 28 Februari 2024

Wapres Ma’ruf Undang Malaysia Berinvestasi di Tiga Sektor untuk IKN

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI melakukan pertemuan dengan Anwar Ibrahim Perdana Menteri Malaysia di Kuching, Malaysia, Selasa (28/11/2023). Foto : Antara

Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI dalam pertemuan dengan Anwar Ibrahim Perdana Menteri Malaysia mengundang pihak Malaysia untuk meningkatkan investasi di Indonesia, dengan berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Melansir Antara, setelah pertemuan dengan Anwar di Kuching, Malaysia, Selasa (28/11/2023), Ma’ruf mengatakan dirinya menyampaikan kepada Anwar agar Malaysia bisa meningkatkan investasi di tiga sektor yakni energi terbarukan, transportasi, dan konstruksi.

“Investasi Malaysia di Indonesia nomor lima, supaya ada peningkatan, terutama juga yang di IKN dari Serawak ini, energi terbarukan, transportasi, dan konstruksi,” kata Ma’ruf.

Pemerintah Indonesia menargetkan pembangunan IKN, yang dicanangkan hingga 2045, dapat didanai sebanyak 80 persen dari investasi, dan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI melakukan pertemuan dengan Anwar Ibrahim Perdana Menteri Malaysia di Kuching, Malaysia, Selasa (28/11/2023). Foto: Antara

Dalam pertemuan itu, Ma’ruf juga membahas mengenai perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) khususnya yang bekerja di industri sawit dan rumah tangga.

“Selain itu juga menyangkut soal PMI pekerja migran Indonesia. Saya dapat laporan dari Pak Dubes, yang bekerja di sawit baik-baik saja. Dan masih ada itu yang kerja di rumah tangga. Kita harapkan juga ada perlindungan perbaikan dan itu juga mendapatkan respons baik,” ujar Ma’ruf.

Hermono Duta Besar RI untuk Malaysia mengatakan Anwar juga berjanji akan menyelesaikan masalah terkait tapal batas Indonesia dan Malaysia.

Masalah tapal batas dan perlindungan PMI menjadi prioritas Anwar PM, kata Dubes Hermono.

Dalam pertemuan itu, Ma’ruf Amin Wapres didampingi sejumlah pejabat, di antaranya Hermono Dubes RI untuk Malaysia, Ahmad Erani Yustika Kepala Sekretariat Wapres, Masduki Baidlowi Juru Bicara Sekretariat Wakil Presiden, dan Robikin Emhas Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga.(ant/and/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs