Sabtu, 27 April 2024

BI dan Perbankan Buka 5.000 Kuota Penukaran Rupiah per Hari

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Petugas mengitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (27/11/2019). Foto: Antara

Bank Indonesia (BI) bersama perbankan membuka kuota penukaran uang untuk 5.000 orang per hari melalui Aplikasi Pintar dalam layanan kas keliling terpadu di wilayah DKI Jakarta selama 28 Maret hingga 31 Maret 2024.

“Bank Indonesia bersama dengan 16 perbankan dengan kegiatan membuka layanan penukaran melalui Aplikasi Pintar yang tiap hari kita buka kuota 5.000 dan sampai kemarin terakhir sampai dengan 31 Maret sudah full 5.000 tiap hari penuh,” kata Marlison Hakim Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI dilansir Antara, Kamis (28/3/2024).

Marlison mengatakan, tiap orang hanya bisa menukar untuk maksimal satu paket senilai Rp4 juta rupiah per hari.

Mereka terlebih dahulu mendaftar di Aplikasi Pintar dan membawa kartu identitas untuk proses verifikasi pada saat penukaran rupiah, nilai paket tersebut telah ditambah dari sebelumnya Rp3,8 juta pada tahun lalu.

“Kenapa kita buat paket, dan satu orang satu penukaran karena kami ingin adanya keadilan dan pemerataan kepada sebagian besar masyarakat,” jelasnya.

Masyarakat dapat menukarkan uangnya untuk pecahan antara lain Rp2.000, Rp10.000, Rp20.000 dan Rp.50.000. Dalam realisasi penukaran rupiah di tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar masyarakat menukarkan uangnya kurang dari Rp4 juta.

“Uang yang kita berikan tukarkan pada masyarakat adalah uang baru tahun emisi 2022,” terangnya.

Kegiatan penukaran uang tersebut bertujuan untuk mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri dengan memberikan kebahagiaan kepada masyarakat yang akan merayakan Idulfitri.

“Jadi di hari yang penuh kebahagiaan nanti semua bahagia dengan hal-hal yang baru termasuk uang baru karena ini sebuah tradisi budaya yang akan kami dukung,” ujarnya.

Berdasarkan historis dari kegiatan layanan penukaran rupiah di tahun-tahun sebelumnya, rata-rata 40-50 orang dilayani secara langsung atau go show di tempat layanan penukaran rupiah karena belum mendaftar di Aplikasi Pintar.

Namun, masyarakat yang mendaftar di Aplikasi Pintar tetap akan diprioritaskan. Jika masih ada persediaan uang, maka warga lain dapat dilayani secara go show.(ant/man/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs