Sabtu, 27 April 2024

LPS Sebut Tumbangnya Sejumlah BPR Tak Mengancam Ekonomi RI

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tangkap layar Purbaya Yudhi Sadewa Ketua Dewan Komisioner LPS. Foto: YouTube LPS

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menilai tumbangnya beberapa Bank Perekonomian Rakyat (BPR) tidak begitu memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian nasional.

Purbaya Yudhi Sadewa Ketua Dewan Komisioner LPS  mengungkap bahwa dalam 18 tahun terakhir, rata-rata 7 hingga 8 BPR mengalami kebangkrutan setiap tahunnya.

On average selama 18 tahun yang kita lihat itu ada 6 sampai 7 rata-rata BPR jatuh, bukan bank, tapi BPR. Di awal ada yang diserahkan ke LPS dan kami tangani dengan cepat dan smooth sehingga tidak ada keresahan di masayarakat. Yang penting adalah dana masyarakat diganti dengan cepat,” kata Purbaya dilansir Antara pada Selasa (30/01/2024).

Purbaya mengatakan bahwa pada awal tahun 2024, terdapat dua BPR yang bangkrut, yakni BPR Wijaya Kusuma pada 4 Januari 2024 dan BPRS Mojo Artho Kota pada 26 Januari 2024.

Ke depan, Purbaya juga memprediksi masih ada BPR lainnya yang akan bangkut.

Tren bangkrutnya BPR setiap tahun dikarenakan praktik fraud yang sering terjadi. Sedangkan hingga saat ini, kondisi bank umum masih tercatat dalam kondisi solid. (ant/ike/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs