Selasa, 7 Mei 2024
Terus Bertambah

Insiden Mina, Jamaah Indonesia Meninggal 45 Orang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lukman Hakim Menteri Agama saat menggelar konferensi pers di Makkah, Senin (28/9/2015). Foto: Agung Prabowo Suara Surabaya Media

Jumlah jamaah Indonesia yang meninggal dunia karena insiden Mina bertambah menjadi total 45 orang, Senin (28/9/2015). Sementara 10 jamaah cedera dan 82 jamaah belum kembali ke maktab.

Agung Prabowo Suara Surabaya Media yang berada dalam rombongan haji mengatakan, jumlah itu diketahui dari rilis pers PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Makkah pada pukul 02.30 WAS atau pukul 06.30 WIB.

Sebelumnya, Minggu (27/9/2015) pukul 14.00 WAS, jumlah jamaah Indonesia yang meninggal dunia 34 orang, 6 jamaah mengalami cedera dan 90 jamaah belum kembali ke maktab

“Ada inventarisasi para jamaah oleh petugas kloter, seperti ketua kloter, ketua rombongan dan ketua regu, untuk memastikan jumlah rombongan pasca Armina dan menindaklanjuti laporan terkait jamaah yang belum kembali,” kata Agung dalam laporan haji Radio Suara Surabaya, Senin malam.

Selain itu, kata Agung, PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Makkah juga mengintensifkan petugas lapangan dalam penelusuran dan penyisiran di tempat yang diduga ada jamaah Indonesia.

Lukman Hakim Menteri Agama juga akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi terkait jumlah jamaah Indonesia yang menjadi korban insiden Mina.

Sementara itu, jamaah Indonesia embarkasi Surabaya dilaporkan sempat tertahan di Bandara Jeddah karena bagasi sejumlah jamaah kelebihan muatan.

“Banyak yang membawa air zam-zam dalam jumlah lebih dari yang sudah ditentukan seberat 5 kilogram. Penggeledahan dari pihak bandara membuat jamaah lain yang tidak kelebihan batas berat bagasi ikut terhambat,” kata Agung.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
31o
Kurs