Kamis, 9 Mei 2024

Pemerintah Indonesia Diminta Fokus Cari Jamaah Korban Tragedi Mina

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Pemerintah disarankan fokus mencari jamaah haji Indonesia yang diperkirakan menjadi korban tragedi Mina, daripada sibuk melancarkan protes kepada Pemerintah Arab Saudi.

Protes buruknya pelayanan Arab Saudi terhadap tamu Allah, bisa dilakukan kapan saja. Karena sekarang ada yang persoalan yang lebih penting, yakni jamaah yang sampai sekarang belum diketahui nasibnya.

Pendapat ini disampaikan H. Amidhan Mantan Dirjen Urusan Haji dan Umroh Kementerian Agama yang menjadi saksi tragedi terowongan Mina 21 tahun yang lalu.

Berdasasrkan rilis dari Kementerian Agama, jamaah haji asal Indonesia yang hilang 99 orang. Sedang yang meninggal dunia 19 orang.

“Ini perkerjaan yang cukup berat bagi pemerintah, jamaah yang hilang ini termasuk dalam korban meninggal dunia yang belum terkonfirmasi, atau berada di tempat lain,” katanya.

Kata Amidhan, jumlah jamaah haji Indonesia yang menjadi korban dalam tragedi di terowongan Mina sebanyak 631 orang.

Munawir Jazali yang menjadi Menteri Agama saat itu, menyikapinya dengan tenang, tidak emosional

Amidhan juga mengatakan, sikap tenang itu perlu dilakukan Lukman Hakim Menteri Agama. “Agar kita juga mendapat simpati dari Pemerintah Arab Saudi,” katanya di Jakarta, Minggu (27/9/2015).

Beberapa ormas Islam dan anggota DPR menganggap kejadi di Mina yang berulang-ulang, menunjukkan Arab Saudi masih teledor dalam melayani tamu Allah.(jos/iss)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
33o
Kurs