Rabu, 1 Mei 2024

Jemaah Salat Jumat di Bawah Cuaca Panas Ekstrem Masjidil Haram

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sejumlah jamaah berkumpul mendekati Kabah untuk melakukan shalat di Masjidil Haram pada suhu lebih dari 40 derajat celcius, Makkah, Arab Saudi, Jumat (12/7/2019). Foto: Antara

Jemaah dari berbagai negara menunaikan salat Jumat di bawah cuaca panas yang ekstrem dengan suhu di atas 40 derajat di Masjidil Haram, Kota Mekkah.

Pantauan Antara di kawasan Masjidil Haram, Jumat (12/7/2019), sejak pagi kawasan di wilayah itu telah dipadati jemaah.

Mereka memilih untuk datang lebih awal agar mendapatkan kesempatan menunaikan salat Jumat di shaf paling dekat dengan Kakbah.

Cuaca Kota Mekkah terik dan panas menyengat dengan suhu berkisar 42 derajat celcius. Namun jemaah sudah berdatangan ke Masjidil Haram bahkan sejak pagi.

Saking banyaknya jemaah, banyak dari mereka yang harus naik ke lantai dua agar mendapatkan tempat untuk salat. Namun lantaran cuaca yang amat panas hanya sedikit yang bertahan dan berada di bagian yang ternaungi.

Salat jumat berjalan dengan khusyuk dilanjutkan dengan salat ghoib yang ditujukan kepada mereka yang telah mendahului menghadap Sang Ilahi.

Setelah itu, para jamaah kemudian banyak yang keluar dari area Masjidil Haram meski tidak sedikit dari mereka yang bertahan di dalam untuk melanjutkan aktivitas ibadah.

Suhu setelah pelaksanaan salat Jumat bahkan semakin terik sehingga banyak yang mengenakan alat pelindung termasuk masker dan kaca mata hidup.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs