Jumat, 3 April 2020

Kopertis Dorong Perguruan Tinggi Manfaatkan TIK

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Kopertis Wilayah VII akan mendorong semua perguruan tinggi swasta di Jawa Timur, untuk segera menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam mendukung kegiatan akademiknya.

Ali Maksum Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VII mengatakan dengan adanya pemanfaatkan TIK, diharapkan beberapa pelanggaran dan pencurian karya-karya ilmiah bisa diminimalkan.

“Kalau semua karya ilmiah dipublikasikan secara online, maka kemungkinan adanya plagiat bisa dengan mudah dideteksi,” ujar Ali Maksum dalam Workshop Optimasi Penerapan ICT untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi, Selasa (15/4/2014).

Menurut Ali, dengan sistem online menggunakan teknologi informasi komunikasi maka untuk mendeteksi adanya kemungkinan plagiat pada karya ilmiah bisa lebih cepat. “Satu kalimat saja mirip atau persis, maka sudah bisa diduga adanya kemungkinan plagiat dalam sebuah karya ilmiah,” jelas Ali.

Sementara untuk terus meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi, Kopertis Wilayah VII akan mengonlinekan 334 perguruan tinggi swasta di Jawa Timur dalam waktu dekat. “Meski masih ada kendala biaya, khususnya untuk perguruan tinggi yang masih konsentrasi membangun infrastuktur kampus, tapi Kopertis tetap mendorong untuk segera menuju pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,” tegasnya.

Ditambahkan Ali Maksum Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VII, dengan memanfaatkan TIK, maka semua perguruan tinggi di Jawa Timur akan semakin hemat dalam penggunaan kertas untuk menuju green campus. (tas/ipg)

Teks Foto:
– Workshop Optimasi Penerapan ICT untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi, di Kantor Telkom Ketintang, Surabaya, Selasa (15/4/2014).
Foto: Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
27o
Kurs