Kamis, 25 April 2024

Kemkominfo Mencatat 1556 Hoaks Covid-19 dan 117 Terkait Vaksin

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi, ujaran kebencian, isu Sara dan hoaks yang bertebaran di media sosial. Grafis: suarasurabaya.net

Johnny Gerald Plate Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menjelaskan kalau pihaknya telah mencatat dan melabeli ribuan hoaks terkait Covid-19 dan ratusan hoaks yang terkait vaksin Covid-19.

Kata Plate, ini menunjukkan bahwa dunia sekarang ini tidak hanya berupaya keras menangani pandemi Covid-19, namun juga sedang menghadapi infodemi.

“Secara spesifik hingga pagi ini Kementerian Kominfo telah mencatat dan telah melabeli sebanyak 1.556 hoaks terkait Covid-19 serta 177 hoaks terkait vaksin Covid-19,” ujar Menkominfo dalam konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (30/4/2021).

Menurut Plate, infodemi semakin marak di tengah-tengah ruang informasi publik dan menyebar dengan sangat mudah dan cepat di media sosial atau media digital.

Untuk itu, lanjut Plate, pemerintah terus mengimbau masyarakat agar selalu merujuk pada sumber-sumber informasi yang akurat dan dapat dipercaya baik dari badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO).

“Untuk pemerintah Indonesia dalam hal ini KPC PEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), Kementerian Kesehatan dan Kementerian atau lembaga terkait ataupun para ahli di bidangnya,” jelasnya.

Sekali lagi, Menkominfo ingin mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer demi melindungi diri, melindungi keluarga, melindungi negeri dan mengakhiri pandemi Covid-19.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs