Jumat, 26 April 2024

WhatsApp Izinkan Transfer Data dari iOS ke Android

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Foto: slashgear

WhatsApp menambahkan kemampuan untuk mentransfer data termasuk semua catatan suara, foto, dan percakapan saat pengguna beralih dari iOS ke Android.

Antara mengutip The Verge, Kamis (12/8/2021), fitur tersebut diumumkan dalam acara peluncuran Samsung yang berlangsung Rabu (11/8/2021)

Sebagai tahap awal, proses transfer ini hanya bisa dilakukan dari iOS ke Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, serta ponsel Samsung lainnya yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi dalam beberapa minggu mendatang.

Nantinya, fitur baru tersebut dapat dinikmati di semua ponsel Android. Namun WhatsApp tidak menginformasikan kapan itu direalisasikan.

Seperti diketahui, perpindahan data antar sistem operasi seluler ini kerap dimasalahkan pengguna yang akan memindah data percakapan WhatsApp dari iOS ke Android atau sebaliknya.

Jika pengguna memilih untuk menggunakan fitur cadangan cloud WhatsApp, maka riwayat obrolan iOS disimpan di iCloud, sementara Android ada di Google Drive, artinya hanya mungkin untuk mentransfer obrolan antar ponsel yang menjalankan sistem operasi yang sama.

Dengan fitur baru ini, pengguna dapat mentransfer riwayat percakapan dengan menggunakan kabel fisik Lightning ke USB-C, ketimbang mengirimnya melalui internet.

Sayangnya, jika pengguna pernah mentransfer antara iOS dan Android sebelumnya dan memiliki dua cadangan cloud terpisah, fitur transfer baru tidak akan menggabungkannya menjadi satu riwayat percakapan.

Sebaliknya, WhatsApp menginformasikan bahwa jika penggguna menggunakannya untuk memigrasikan riwayat percakapan dan kemudian mencadangkannya, itu akan menimpa cadangan yang ada.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs